Home » News » Ahok Kemungkinan Bakal Dipanggil KPK

Ahok Kemungkinan Bakal Dipanggil KPK



Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus melakukan penyidikan terkait kasus suap yang melibatkan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta, Mohamad Sanusi. KPK juga membuka kemungkinan untuk memanggil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Menurut KPK, kesaksian Ahok diperlukan untuk melengkapi keterangan yang diperlukan penyidik dalam kasus ini.

Ahok Kemungkinan Bakal Dipanggil KPK

“Semua pihak yang berhubungan dengan Raperda itu, yang berhubungan dengan baik pemberi maupun penerima, kalau nanti dianggap penyidik bisa memperkaya penyidikan kasus ini, pasti akan dipanggil,” ujar Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarief di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Menurut Laode, meskipun kasus ini belum tentu melibatkan pejabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, namun baik DPRD maupun Pemprov DKI sama-sama terkait dalam pembahasan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 1995 tentang Pelaksanaan Reklamasi dan Rencana Tata Ruang Pantura Jakarta.

Selain itu, KPK juga berencana untuk memeriksa Badan Legislasi Daerah (Balegda) DPRD DKI karena Balegda merupakan alat kelengkapan dewan yang juga terkait pembahasan revisi Peraturan Daerah tersebut.

Seperti diketahui sebelumnya, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus suap yang berkaitan dengan Raperda ini, yaitu Ketua Komisi D DPRD DKI Mohammad Sanusi, Ariesman Widjaja selaku Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land, dan Trinanda Prihantoro karyawan PT Agung Podomoro Land.
(Samsul Arifin-sisidunia.com)