sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Tokoh-Tokoh Dunia Ini Ternyata Ngemplang Pajak

Tokoh-Tokoh Dunia Ini Ternyata Ngemplang Pajak



Jakarta – Sebuah dokumen investigasi berisi daftar nama tokoh-tokoh besar dunia yang ternyata diketahui ngemplang pajak telah beredar luas di media pada Minggu (3/4/2016).

Tokoh-Tokoh Dunia Ini Ternyata Ngemplang Pajak

Lebih dari 100 media telah mendapatkan bocoran dari dokumen yang cukup membuat terkejut masyarakat di seluruh dunia. Siapa sajakah tokoh-tokoh dunia tersebut?

Dokumen dari sekitar 240 ribu entitas di berbagai penjuru dunia itu datang dari Mossack Fonseca, sebuah firma hukum di Panama yang memiliki kantor di 35 negara.

Diantara nama-nama tokoh besar dunia yang disebutkan di dalam dokumen tersebut adalah bintang film laga Jackie Chan, bintang Barcelona asal Argentina Lionel Messi, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Islandia, Raja Arab Saudi, Presiden Ukraina, anak-anak Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif, Meneri Kehakiman Kamboja Ang Vong Vathana, putra Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, saudara ipar Presiden Cina Xi Jinping, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Para tokoh ini memakai modus menyembunyikan kekayaannya sehingga bebas pajak. Nilai pajak yang dikemplang mencapai US$ 11,5 juta atau sekitar Rp 151 miliar.

Banyak pihak berpendapat bahwa dokumen ini merupakan hasil penyelidikan terbesar dalam sejarah karena berhasil mengungkapkan aset 140 tokoh politik, termasuk 12 kepala negara maupun mantan kepala negara yang disembunyikan di luar negeri.
(Samsul Arifin – sisidunia.com)