sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Jakarta Tanpa 3 in 1 Akan Diujicoba Besok

Jakarta Tanpa 3 in 1 Akan Diujicoba Besok



Jakarta – Mulai besok Selasa 5 April 2016, aturan yang berhubungan dengan jalur 3 in 1 yang dulu sudah ditetapkan, akan menguji coba dengan menghapus aturan tersebut oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Jakarta Tanpa 3 in 1 Akan Diujicoba Besok

Kebijakan 3 in 1 yang dianggap gagal dalam membantu menyelesaikan permasalahan kemaceran ibu kota di beberapa jalan protokol, juga menambah permasalahan sosial baru, yakni munculnya joki hingga eksploitasi anak.

“Kan besok baru uji coba. Kita lihat apakah sama atau tidak, karena kami menduga, 3 in 1 ini sebenernya enggak ada pengaruh, karena orang-orang juga pakai joki dan bahkan bayi jadi korban,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/3/2016).

Ahok mengatakan akan menerapkan uji coba 3 in 1 selama dua minggu ke depan. Pihaknya akan mengganti dengan kebijakan electronic road pricing (ERP) yang kini tengah digodoknya di Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI. Ahok memutuskan tidak akan melibatkan pihak swasta dalam proyek tersebut.

“Kita mau lelang (ERP) dan putuskan saya mau bangun sendiri saja dan enggak mau kerja sama dengan swasta. Silakan kita beli alat supaya bisa ngatur-ngatur. Kalau kita terikat sama swasta harga sekian, mau ga turunin harganya? Enggak mau dong,” jelas dia.

Hal ini karena, tujuan diciptakannya sistem ini semata untuk mengatur lalu lintas dan mengontrol kemacetan. Apabila bekerjasama dengan pihak swasta, maka orientasi ERP akan berubah menjadi bisnis pribadi.

“Saya kan ERP bukan buat cari uang tapi mengatur lalin, kita bisa aja gratisin kalo ini kosong gratisin supaya penuh, itu bisa atur. Tapi kalau swasta dia bisa-bisa berantem sama kita gamau nurunin harga,” papar Ahok.
(Freddy Julio – sisidunia.com)