sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Diskriminasi Keluarga Islam Di Amerika Oleh United Airlines Dengan Frontal

Diskriminasi Keluarga Islam Di Amerika Oleh United Airlines Dengan Frontal



Jakarta – Kejadian yang sangat disayangkan oleh pihak maskapai pesawat United Airlines, mengenai tentang diusirnya satu keluarga muslim di Amerika Serikat dari pesawat United Airlines dengan alasan keamanan.

Diskriminasi Keluarga Islam Di Amerika Oleh United Airlines Dengan Frontal

Seperti dilansir CNN, Senin (4/4/2016), insiden ini terjadi di Bandara Internasional O’Hare, Chicago, 20 Maret lalu, ketika keluarga ini menanyakan pada salah satu awak pesawat mengenai kursi khusus anak. Pasangan ini bepergian dengan tiga anaknya yang masih kecil.

Tiba-tiba, salah satu awak mengatakan mereka harus meninggalkan pesawat demi keselamatan penerbangan. Insiden ini terekam video yang diposting ke YouTube.

“Kami capek mendengar para penumpang berpenampilan muslim diusir dari pesawat untuk alasan-alasan tidak meyakinkan, dengan klaim tidak jelas soal ‘keamanan’,” ujar Ahmed Rehab dari Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR) yang mewakili keluarga ini.

Dijelaskan Rehab, sebelumnya keluarga ini sudah menanyakan soal kursi khusus anak di boarding gate sebelum masuk pesawat, namun petugas menyuruh keluarga tersebut menanyakan langsung pada pegawai di dalam pesawat dikarekan sistem komputer sedang bermasalah. Pada saat di dalam pesawat, petugas malah meminta keluarga ini tidak menggunakan kursi khusus anak dan mereka mematuhinya.

Tapi tidak beselang lama, keluarga ini diminta menunjukkan tiket mereka dan langsung menyuruh mereka untuk segera keluar dari pesawat pada saat itu juga dengan alasan keamanan para penumpang lainnya. Seorang pria yang terlihat berpakaian seperti pilot, dalam video itu, mengatakan: “Karena itu keputusan saya.”

Sang ibu yang mengenakan hijab kemudian bertanya: “Apakah ini keputusan diskriminatif? Apa alasannya?”

“Karena ini masalah keselamatan penerbangan,” jawab pria yang berpakaian seperti pilot dalam video itu.

Keluarga ini lalu keluar pesawat dan menumpang penerbangan lain. “Saya merasa dibedakan, dipermalukan dan tak berdaya,” tutur sang ibu dalam pernyataan yang dirilis CAIR.

Menanggapi insiden ini, pihak maskapai United Airlines berdalih dari permasalahan yang dikaitkan dengan kursi khusus anak. “Mereka seharusnya terbang dengan SkyWest 5811, yang beroperasi sebagai United Airlines dari Chicago O’Hare ke Washington DC, tapi kami menempatkan mereka dalam penerbangan selanjutnya karena kekhawatiran soal keamanan kursi anak mereka, yang tidak mematuhi aturan keselamatan federal,” demikian pernyataan resmi maskapai tersebut.

“Baik United maupun SkyWest mewajibkan pegawai kami memegang standar profesionalisme paling tinggi dan tidak mentolerir diskriminasi,” imbuhnya.
(Freddy Julio – sisidunia.com)