Home » Gaya Hidup » Ini Sebabnya Jangan Minum Kopi Pakai Cangkir Sekali Pakai

Ini Sebabnya Jangan Minum Kopi Pakai Cangkir Sekali Pakai



Jakarta – Bagi penggemar kopi pasti pernah atau sering menikmati kopi atau coklat panas dengan menggunakan cangkir sekali pakai. Wadah jenis ini seringkali dijumpai di kedai-kedai kopi, baik dalam negeri ataupun waralaba asing.

Ini Sebabnya Jangan Minum Kopi Pakai Cangkir Sekali Pakai

Sebaiknya mulai saat ini Anda mengurangi atau menghindari menggunakan gelas plastik sekali pakai. Apa sebabnya?

Di beberapa negara Eropa seperti Jerman, khususnya di kota Hamburg, penggunaan gelas plastik sekali pakai telah dilarang karena selain menimbulkan pengaruh negatif bagi lingkungan gelas jenis ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan.

Meskipun gelas plastik sekali pakai dianggap aman digunakan namun yang perlu diingat bahwa bahan plastik akan berpengaruh buruk bila dipanaskan. Plastik akan mengeluarkan gas beracun bila terkena panas dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, sampah plastik sangat sulit didaur ulang karena memiliki lebih dari satu kandungan bahan. Akibatnya, penggunaan gelas plastik sekali pakai justru akan makin menambah masalah lingkungan.

Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa jika penggunaan gelas plastik sekali pakai tidak segera dikendalikan maka sampah dari gelas ini dapat membungkus bumi sebanyak 10 kali.

Karena itu, bila Anda ingin turut serta menjaga kelestarian lingkungan, sebaiknya hindari penggunaan gelas plastik sekali pakai untuk menikmati kopi kesukaan Anda.
(Samsul Arifin – sisidunia.com)