Home » Hiburan » Inilah Masjid Di AS Yang Bentuknya Mirip Gereja

Inilah Masjid Di AS Yang Bentuknya Mirip Gereja



Amerika – Ternyata terdapat bangunan yang difungsikan untuk umat Islam di negeri Paman Sam tersebut, bangunan tersebut lebih menyerupai gereja ketimbang masjid.

Inilah Masjid Di AS Yang Bentuknya Mirip Gereja

Pelataran depannya ditopang empat tiang kokoh bercat putih. Daun pintu dan jendelanya lumayan besar menyerupai model rumah klasik di Amerika.

Corak temboknya bata merah dengan bentuk atap segitiga. Tidak ada kubah seperti kebanyakan masjid di Indonesia. Diketahui bahwa bermula dari bangunan ini lah justru Muslim Indonesia menyuarakan siar Islam yang ramah di Amerika Serikat.

“Dulunya masjid ini memang gereja,” kata seorang Muslim Indonesia di Amerika Rio Poerbowo kepada Republika, Rabu (30/3) di Washinton D.C Amerika Serikat.

Salah satu warga Indonesia yang menetap di Amerika sekarang sedikit memaparkan, Rio kini yang sudah hampir 20 tahun tinggal di Amerika menceritakan tentang alih fungsi gereja menjadi masjid. Awal mulanya difungsikannya masjid ini diinisiasi oleh komunitas Muslim Indonesia yang tergabung dalam organisasi Indonesian Muslim Association in America (Imaam).

Menurut Rio, organisasi ini sudah berdiri pada 1993. Sedangkan dari organisasi ini memiliki berbagai aktifitas sosial dan pendidikan, sekaligus membutuhkan tempat sebagai pusat ibadah bagi umat Islam.

Keinginan itu hampir terwujud pada 1995. Saat itu IMAAM berhasil membeli dua unit rumah di kawasan Veirs Mill Rd, Rockville, Maryland.

Rencananya rumah itu akan dijadikan masjid, namun gagal karena mendapat penolakan dari masyarakat setempat. Kemungkinan masih membekasnya beberapa peristiwa yang membawa nama Islam, sehingga warga Muslim Indonesia masih harus melaksanakan shalat secara menyebar di sejumlah tempat ibadah di Washington D.C.
(Freddy Julio – sisidunia.com)