Home » Gaya Hidup » Waspada Alergi Dalam Memilih Makanan Buah Hati

Waspada Alergi Dalam Memilih Makanan Buah Hati



Jakarta – Sering kita sebagai orang tua mempunyai pengalaman dalam hal mengurus anak dengan memberikan makanan sehari-hari. Namun sering pula timbul alergi pada anak kita, sehingga berdampak pada kesehatan.

Waspada Alergi Dalam Memilih Makanan Buah Hati

Dampaknya pun bervariasi, mulai dari gangguan kesehatan ringan hingga serius dan mengancam jiwa. Susu, telur, kacang-kacangan, dan makanan hasil laut merupakan penyebab alergi makanan yang paling umum pada anak-anak.

Sisi dunia pun mengutip dari media kesehatan, ada beberapa cara yang paling mudah untuk mencegah alergi pada buah hati Anda.

Mengonsumsi makanan sehat
Kondisi kesehatan tubuh buah hati Anda dimulai sebelum mereka lahir alias saat Anda sedang mengandung. Sehingga apapun yang Anda konsumsi semasa hamil mampu berpengaruh pada kesehatan tubuh mereka. Oleh karena itu pastika Anda selalu mengonsumsi makanan sehat mulai dari hamil hingga menyusui buah hati Anda. Sebab pola makan sehat ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati sehingga mereka kebal terhadap gangguan alergi.

Jangan perkenalkan makanan padat sebelum 4-6 bulan
Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang mengonsumsi makanan padat sebelum berusia 4-6 bulan memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena alergi terhadap makanan. Sehingga sebaiknya Anda memberikan makanan padat pada anak Anda saat mereka berusia di atas 6 bulan.

Lanjutkan menyusui
Jika buah hati Anda sudah mencoba mengonsumsi makanan padat, jangan hentikan kegiatan menyusui Anda. Sebab ASI memiliki efek protektif terhadap alergi yang mungkin timbul ketika buah hati Anda sudah mengonsumsi makanan padat.

Hindari konsumsi makanan kemasan
Makanan kemasan memiliki sederetan bahan kimia yang dapat mengembangkan risiko alergi hingga 2 kali lipat. Oleh karena itu berikan makanan segar pada buah hati daripada makanan kemasan.

Selain cara di atas, jangan lupa pula untuk selalu memeriksa kandungan bahan di dalam makanan yang Anda konsumsi.
(Freddy Julio – sisidunia.com)