Home » News » Pertamina Lansir Bahan Bakar Terbaru, Solar Dex Lite

Pertamina Lansir Bahan Bakar Terbaru, Solar Dex Lite



Jakarta – Kabar baru akan datang pada bulan APril mendatang, PT. Pertamina menyiapkan peluncuran bahan bakar minyak (BBM). BBM yang rencananya akan dibanderol dengan harga Rp 7.000 per liter tersebut diberi nama Dex Lite (jenis Solar).

Pertamina Lansir Bahan Bakar Terbaru, Solar Dex Lite

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan pada sisi dunia, Senin (28/3/16), “Dex Lite merupakan salah satu BBM pilihan baru bagi masyarakat BBM Solar dengan kualitas yang lebih baik jika dibandingkan Bio Solar. Dex Lite rencananya diluncurkan April, untuk harga saya ingin tidak lebih dari Rp 7.000 per liter”

Perlu diketahui Solar Dex Lite memiliki kandungan sulfur 1.000 sampai 1.200 dan set number 51 sehingga lebih baik ketimbang Solar biasa yang memiliki kandungan sulfur 3.500. Meski begitu, Dex Lite tetap menggunakan campuran bio diesel sebanyak 20 persen sesuai dengan kebijakan pemerintah.

“Campur fame cuma saya tambah adiktif, sata perbanyak campurannya supaya sulfur 1.000. Kalau di Solar biasa 3.500,”, terang Bambang.

Dengan mengkonsumsi Dex Lite maka tenaga mesin kendaraan akan lebih besar dan hasil gas buang lebih baik sehingga dapat mengurangi polusi udara.

“Ini bisa digunakan untuk alat berat yang membutuhkan tenaga besar. Ini merupakan terobosan terbaru karena mampu mengubah industri. Diluar negeri Solar jenis ini dianggap lebih efisien karena bisa memiliki tenaga yang besar namun emisi rendah,” tutup Bambang.

Sebelumnya, Pertalite sudah dilansir oleh Pertamina sebagai BBM jenis baru. BBm ini mempunyai kadar Research Octane Number (RON) 90. Seperti yang ditetapkan oleh Ditjen Migas, BBM RON 90 memiliki kandungan sulfur maksimal 0,05 persen sedangkan Pertalite sangat rendah 0,018 persen.

Keunggulan Pertalite dengan kadar RON 90 lebih tinggi dari Premium RON 88, dari segi harga yang lebih murah ketimbang Pertamax.
(Freddy Julio – sisidunia.com)