Home » News » Masih Dianggap Isu Perihal Penemuan Planet Kesembilan

Masih Dianggap Isu Perihal Penemuan Planet Kesembilan



Jakarta – Beberapa waktu lalu, dua astronom asal Calteh University membuat gempar dunia astronomi, karena menemukan planet kesembilan di tata surya.

Masih Dianggap Isu Perihal Penemuan Planet Kesembilan

Akan tetapi, belum ditemukannya bukti kuat untuk bisa menyakinkan beberapa pihak mengenai keberadaan ‘Planet X’ tersebut oleh Mike Brown dan Konstantin Batygin.

Sisi dunia mengutip informasi dari The Verge, Minggu (27/3/2016), Brown menyimpulkan, “bukti terbaru ini setelah dipelajarinya perilaku enam objek yang ada di Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper sendiri adalah awan besar dengan material es yang mengorbit Matahari di luar Neptunus.”

Brown menuturkan perbedaan pergerakan tersebut mencirikan sebuah benda angkasa yang jauh lebih besar telah mempengaruhi pergerakan objek di Sabuk Kuiper tersebut, sedangkan dari pengamatan Brown diketahui ada anomali pergerakan dari objek-objek tersebut.

“Diperkirakan bahwa objek besar tadi berjarak sekitar 200 sampai 1.200 kali lebih jauh dari jarak Matahari ke Bumi”, Imbuh Brown.

Pergerakan objek tersebut pertama kali diketahui oleh Teleksop Hawaii Canada France beberapa waktu lalu. Teleskop itu sendiri digunakan sebagai Outer Solar System Origins Survey (OSSOS), atau teleskop yang dipakai untuk mengetahui pergerakan di batas sistem tata surya.

Namun, mengingat temuan Brown ini merupakan tahap awal, salah seorang peneliti SETI Michele Bannister menuturkan ada kemungkinan peneliti lain menguji gagasan Brown, perihal anomali pergerakan objek di Sabuk Kuiper yang diperkirakan akibat adanya sebuah planet berukuran besar, atau ada penjelasan lain.

Sekadar informasi, pada bulan Januari lalu, Brown sempat mengajukan bukti adanya planet kesembilan di tata surya yang memiliki ukuran yang sama dengan Neptunus. Selain itu, jarak planet tersebut sangat jauh, yaitu sekitar 10 sampai 20 kali lipat dibandingkan Pluto.

Namun, gagasan Brown itu ternyata bertentangan dengan pernyataan NASA beberapa tahun lalu. Ketika itu, NASA memastikan tidak menemukan planet baru yang diperkirakan berada di sekitar Pluto.
(Freddy Julio – sisidunia.com)