Home » Otomotif » Mobil Ramah Lingkungan Kini Dikembangkan Di Jepang

Mobil Ramah Lingkungan Kini Dikembangkan Di Jepang



Jakarta – Sebagian besar para penemu, terutama di bidang teknologi, banyak sekali penemuan-penemuan terkait kendaraan beroda empat. Seperti mobil tenaga matahari, mobil daya solar, dan mobil listrik.

Mobil Ramah Lingkungan Kini Dikembangkan Di Jepang

Kini, Toyohashi University of Technology, Jepang. Mereka sekarang sedang mengembangkan penemuan terbarunya, yaitu menciptakan kendaraan listrik tanpa baterai.

Sebagaimana diketahui, baterai memiliki beberapa kelemahan. Misalnya, waktu charge yang lama, jangkauannya tidak jauh, harganya mahal, sekaligus menjadi limbah kimia.

Mobil listrik buatan Toyohashi University of Technology menggunakan pelat baja tipis berbentuk sabuk yang ditanam dalam ban. Pelat baja terkoneksi dengan elektroda di jalan. Dengan demikian, terjadi transfer listrik. Energi listrik pun disalurkan ke motor di setiap roda mobil.

Sementara ini pihaknya mengumumkan setelah melakukan uji coba pada mobil tersebut, jarak tempuh yang mencapai 30 meter ini hanya menembus kecepatan maksimal 10 kilometer per jam.

”Akselerasinya halus. Perjalanan menggunakan mobil ini terasa nyaman,” ujar Ohira, dikutip dari majalah Japan Times pada Selasa (22/3/2016).

Sementara itu, butuh waktu lima tahun untuk merealisasikan ide kendaraan listrik tanpa baterai tersebut sehingga berbentuk prototipe, dan kemudian apabila sudah kelar kemungkinan akan dipasarkan.
(Freddy Julio – sisidunia.com)