Home » Otomotif » Honda New PCX, Hobi Touring Sepeda Motor Kesayangan Kena Imbasnya

Honda New PCX, Hobi Touring Sepeda Motor Kesayangan Kena Imbasnya



Jakarta – Menggunakan alasan lebih masuk akal membuat hobi ini jadi lebih bermakna yaitu sepeda motor. Memodifikasi sepeda motor bukan cuma karena ikutan tren, tapi juga menyesuaikan kebutuhan.

Honda New PCX, Hobi Touring Sepeda Motor Kesayangan Kena Imbasnya

Ini yang dilakukan rumah modifikasi Baru Motor Sport (BMS) di Jalan Palmerah Barat, Jakarta Barat, dalam memodifikasi Skutik Honda PCX. Agar hobinya bisa jadi kenyataan, tampilan dengan konsep touring pada PCX merupakan harapan sang klien.

Honda New PCX, Hobi Touring Sepeda Motor Kesayangan Kena Imbasnya

“Konsep yang diinginkan klien saya elegan touring. Setelah berbincang-bincang mengenai konsep tersebut, tercetuslah rupa PCX seperti ini. Pengerjaannya dilakukan sekitar satu setengah bulan,” ujar Ariawan Wijaya kepada KompasOtomotif, Rabu (16/3/2016).

Nuansa Skutik touring memang sudah ada di PCX standar. Namun untuk semakin memperkuat kesan touring, tiga kotak penyimpanan (box) ditempelkan pada bagian belakang, sepasang di kedua sisi belakang dan satu setelah jok penumpang, itulah sentuhan Ariawan dalam modifikasi PCX tersebut.

Menariknya, box tunggal pada bagian belakang, didesain seolah menempel pada bodi asli PCX. Sekaligus menyatu dengan sandaran penumpang, sekilas mirip kepunyaan Gold Wing.

Honda New PCX, Hobi Touring Sepeda Motor Kesayangan Kena Imbasnya

Ari melanjutkan, pelek bawaan asli ditanggalkan dan diganti dengan produk aftermarket. Karena pelek yang digunakan lebih lebar dari bawaan aslinya, maka terjadi pengantian pada segitiga (wide triple clamp) yang lebih lebar. Ukuran tapak pada pelek tersebut memiliki ukuran lebar depan 3.5 inci dan belakang 5.0 inci, dengan diameter 14 inci.

“Komponen bodi yang di-custom selain boks, yaitu spatbor depan. Tampilannya menyesuaikan desain ban dan peleknya, sehingga semakin berkesan kekar. Kemudian jok juga dimodifikasi dengan lapisan kulit MBtech,” ujar Ari.

Kemudian, beberapa sentuhan manis lain yang dilakukan Ari, yaitu pada handgrip, jalu, dan master rem yang diganti dengan merek Nissin. Sentuhan kelir merah cabai pada seluruh bodi, PCX semakin jadi pusat perhatian di jalan.
(Freddy Julio – sisidunia.com)