Home » News » Serangan Udara AS Menewaskan Komandan ISIS

Serangan Udara AS Menewaskan Komandan ISIS



Jakarta – Departemen Pertahanan AS atau Pentagon sudah memastikan bahwa dalam serangan udara AS telah menewaskan seorang komandan senior kelompok milisi ISIS. Juru bicara Pentagon mengatakan pria bernama Omar Shishani itu menyandang sejumlah jabatan militer di tubuh ISIS, termasuk ‘menteri perang’.

Serangan Udara AS Menewaskan Komandan ISIS

Pada saat terjadi serangan udara di dekat Kota Shaddadi, 4 Maret lalu, serangan udara tersebut mengenai iring-iringan kendaraan ISIS, Shishani yang berkewarganegaraan Georgia dan bernama asli Tarkhan Batirashvili dinyatakan selamat dengan mengalami luka-luka.

Menurut laporan serangan tersebut menewaskan beberapa pengawal Shaddadi, tak selang berapa lama terdapat laporan baru mengenai serangan tersebut. Menurut konfirmasi, juru bicara Pentagon telah menyatakan bahwa Shaddadi telah tewas.

Lembaga pemantau hak asasi manusia di Suriah menyatakan, Shishani cedera parah dan dibawa ke sebuah rumah sakit di Provinsi Raqqa. Di sana dia dirawat “seorang dokter pejihad asal Eropa”.

Beberapa pejabat militer AS meyakini, bahwa untuk memperkuat kelompok ISIS yang sebelumnya telah mengalami kekalahan dengan berbagai serangan AS, ISIS pun memanggil Shishani untuk datang.

Teroris tersebut sudah dinyatakan oleh AS sebagai orang yang dicari, Shaddadi merupakan teroris global sejak September 2014. Bahkan, tahun lalu AS menawarkan US$5 juta atau Rp65,2 miliar bagi siapa saja yang bisa membunuh Shishani.

Warga Georgia ini dilaporkan ikut membantu pejuang Chechnya melawan Rusia sebelum bergabung dengan militer Georgia tahun 2006 dan berperang menghadapi pasukan Rusia.
(Freddy Julio – sisidunia.com)