Home » News » Bandung Berduka, Terdapat Korban Meninggal Akibat Banjir Hebat

Bandung Berduka, Terdapat Korban Meninggal Akibat Banjir Hebat



Bandung โ€“ Sekitar 8.041 jiwa mengungsi untuk menghindari banjir hebat yang melanda lima kecamatan diakibatkan meluapnya Sungai Citarum, pernyataan ini dikeluarkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat pada sisi dunia, setelah melakukan tinjauan langsung ke lokasi bencana.

Bandung Berduka, Terdapat Korban Meninggal Akibat Banjir Hebat

Kepala BPBD Jawa Barat Haryadi Wargadibrata, di Bandung, Senin (14/3/16), “Lima kecamatan tersebut adalah yakni Dayeuhkolot, Bojongsoang, Baleendah, Banjaran dan Pamengpeuk, menurut kami tahun ini berbeda dengan banjir tahun lalu” kata

Ia mengatakan pengungsi banjir di Kabupaten Bandung terbagi menjadi tiga kelompok yakni pengungsi pulang pergi, pengungsi yang pulang malam dan pengungsi yang menetap yang tersebar di sejumlah titik-titik pengungsian.

“Kami telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung dan Basarnas juga terkait penanggulangan banjir di Kabupaten Bandung ini, utamanya konsentrasi kita di lima kecamatan tadi,” kata dia.
Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat sudah mendirikan posko di lokasi banjir, karena Pihaknya sudah meminta bantuan langsung pada pihak terkait dengan bencana alam.
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa lokasi banjir di Kabupaten Bandung, sudah merencanakan dengan Kepala BPBD Jawa Barat Haryadi W akan terjun ke lokasi bencana.

Berdasarkan data dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bandung. Banjir terparah di Kabupaten Bandung terjadi sejak 10 tahun terakhir. Tagana Kabupaten Bandung pun sempat melansir, sekitar 35.000 rumah di Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Citarum.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyatakan hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (8/3) hingga Minggu dini hari (13/3), dengan puncaknya pada Sabtu (12/3) pukul 16.00-19.30 WIB mengakibatkan dua orang tewas dan 24.000 jiwa terdampak meluapnya Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat akibat
(Freddy Julio โ€“ sisidunia.com)