Home » News » Hari Ini Ribuan Sopir Angkutan Umum Lakukan Demo Di Istana Negara

Hari Ini Ribuan Sopir Angkutan Umum Lakukan Demo Di Istana Negara



JAKARTA – Ribuan Angkutan Umum gelar demo di Istana Negara, TNI, Polri, dan Satpol PP siap mengawal demonstran angkutan umum di Balai Kota dan Istana Negara dengan menyiapkan pasukan gabungan sedikitnya 1.500 personel gabungan, Senin (14/3). Titik aksi demo tersebut sudah ditempat personel gabungan tersebut.

Hari Ini Ribuan Sopir Angkutan Umum Lakukan Demo Di Istana Negara

“Kita sebar di Balai Kota, Istana, dan Kemenkominfo,” kata Kapolres Jakarta Pusat Hendro Pandowo di Jakarta.

Berdasarkan pantauan sisi dunia, Aksi tersebut sempat menghambat arus lalu lintas di depan kantor Gubernur Jalan Medan Merdeka Selatan. Pantauan terakhir oleh sisi dunia massa sudah mulai bergerak dari Balai Kota Jakarta menuju Istana Negara.

Asal muasal demo tersebut adalah adanya kehadiran transportasi umum berbasis aplikasi online, sehingga para sopir taksi dan bus kota mengeluhkan pendapatan yang menurun sedangkan harga BBM masih tetap tinggi meskipun sebelumnya sudah diturunkan namun selisih pendapatan dengan BBM masih terbilang masih jauh dari cukup.

Aksi unjuk rasa tersebut akhirnya digelar oleh para sopir angkutan umum ini, sekaligus meminta pada pemerintah untuk menutup perusahaan aplikasi online yang menjalankan bisnis transportasi.

Selain itu, mereka mendesak pemerintah mengeluarkan segera Perpres atau Inpres yang mengatur persoalan transportasi yang sebelumnya diatur oleh UU Nomor 2 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan terkait Revisi Perda no 5 tahun 2014 tentang usia kendaraan.
(Freddy Julio – sisidunia.com)