Home » Otomotif » Moge Identik Motor Bodong, Mengapa?

Moge Identik Motor Bodong, Mengapa?



Jakarta – Berbicara tentang hobi moge, terdengar kabar bahwa sepeda motor yang mempunyai harga selangit ini, tidak mempunyai kelengkapan surat-surat yang telah diwajibkan oleh Polda. Sangat disayangkan sekali atas sikap para pemilik kendaran tersebut sampai enggan mengurus surat-surat kendaraannya. Namun, mengapa hal ini terjadi?

Moge Identik Motor Bodong, Mengapa?

Irianto Ibrahim, Sekjen Motor Besar Club Indonesia, yang dilantik sebagai Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat Motor Besar Indonesia (FKPM MBI), menekankan bahwa pihaknya sendiri sudah punya perhatian (Polda) terhadap keberadaan moge bodong.

Namun, ia memberikan gambaran bahwa memang ada satu alasan yang membuat kemunculan moge bodong tanpa surat-surat tidak sekali dua kali terjadi. Alasan utamanya soal selisih antara nilai pajak dan nilai sepeda motor itu sendiri.

“Soal pajak, ini tidak mudah. Tidak mungkin dengan motor seharga Rp 100 juta, pajak Rp 90 juta, atau motor Rp 200 juta, pajaknya Rp 100 juta, misalnya. Pemerintah tolong bantu kami,” kata Irianto.

β€œIni β€˜kan bukan motor baru, melainkan motor beberapa puluh tahun yang lalu. Dibuat besi tua juga sayang,” canda Irianto.
(Freddy Julio – sisidunia.com)