Home » News » Siap Rp 8,3 Triliun, Korsel Bangun Pabrik di Indonesia

Siap Rp 8,3 Triliun, Korsel Bangun Pabrik di Indonesia



Jakarta – Investor asal Korsel sudah menyiapkan dana USD 600 juta untuk mengembangkan usaha di sektor industri makanan dan minuman di Indonesia, karena menurut Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani di sektor tersebut berpotensi banyak sehingga investor Korea Selatan terpikat dalam industri tersebut.

Siap Rp 8,3 Triliun, Korsel Bangun Pabrik di Indonesia

“Investor tersebut bakal membangun dua pabrik makanan dan minuman. Masing-masing bernilai USD 300 juta. Dengan debitur, total investasinya mencapai USD 600 juta (setara dengan Rp8,3 triliun dengan kurs dolar Rp 13.900)”, jelas Franky Sibarani pada sisi dunia, Selasa (8/3/16), setelah bertemu dengan investor Korea Selatan tersebut.

”Mereka kini sedang menentukan lokasi. Saat ini, alternatif lokasi yang dipilih adalah di sekitar Banten atau Jawa Barat dan Jawa Timur untuk dua pabrik makan dan minuman tersebut,” kata Franky, Selasa (8/3/2016).

”Mereka sangat siap untuk menyerap bahan baku yang tersedia di dalam negeri,” jelasnya. Menurut dia, CEO perusahaan Korea Selatan tersebut menginginkan terkait dengan kebutuhan dan keberlanjutan bahan baku jagung yang mencukupi.

Franky menambahkan, BKPM akan berusaha untuk memikirkan solusi. Tujuannya, produk petani dapat diserap investor. ”Mengingat, investasi bakal membutuhkan tenaga kerja dan substitusi produk impor serta tingginya multiplier effect yang ditimbulkan,” tuturnya.

Sementara itu, pejabat Promosi Investasi Perwakilan BKPM (IIPC) di Seoul, Korea Selatan, Imam Soejoedi mengungkapkan, IIPC Seoul telah memfasilitasi pendirian pabrik tersebut. Caranya, menginformasikan berbagai regulasi dan lokasi-lokasi yang prospektif di Indonesia.
(Freddy Julio – sisidunia.com)