sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Bali Sempat Merasakan Fenomena Gerhana Matahari Total Pukul 07.23 Wita

Bali Sempat Merasakan Fenomena Gerhana Matahari Total Pukul 07.23 Wita



Denpasar – Berita Sebelumnya dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah III, Pulau Bali, telah menyatakan bahwa Denpasar dan sekitarnya akan dilewati oleh fenomena gerhana matahari. Akan tetapi yang dilihat oleh masyarakat Bali hanya Gerhana Matahari Sebagian (GMS).

Bali Sempat Merasakan Fenomena Gerhana Matahari Total Pukul 07.23 Wita

Masyarakat di Denpasar dan sekitarnya bisa menyaksikan fenomena alam langka itu selama 2 jam 19 menit, 33,7 detik, yang dimulai pada pukul 07.23 Wita hingga 09.42 Wita, dengan GMS sekitar 80-85 persen, Data tersebut diinfokan oleh BMKG Wilayah III.

Adyanto salah satu pengamat Metereologi dan Geofisika BMKG Wilayah III, Selasa (8/3/2016), menjelaskan pada sisi dunia, “Di Bali sendiri tidak mencapai gerhana matahari total, hanya gerhana matahari sebagian. Dengan GMS sekira 80-85 persen,”.

Adyanto sedikit menjelaskan bahwa tidak semua wilayah di Indonesia merasakan fenoma Gerhana Matahari Sebagian (GMS) itu. Sehingga meskipun tidak total, fenomena ini tetap layak untuk dinikmati, diamati dan diabadikan.

“Denpasar merupakan salah satunya, dari tujuh daerah yang mengalami GMT dan sekitar 11 daerah mengalami GMS”, lanjutnya.

Adapun terkait keadaan langit menjelang pengamatan GMS di Denpasar, Adyanto mengatakan bahwa pihaknya belum bisa memperkirakan. Karena cuaca di Indonesia masuk musim penghujan, dan di Denpasar sekarang mendung.
(Freddy Julio – sisidunia.com)