Home » Hiburan » Dari Jualan Cokelat, Anak Muda Ini Raup Rp 15 Juta/ Bulan

Dari Jualan Cokelat, Anak Muda Ini Raup Rp 15 Juta/ Bulan



Yogyakarta – Mendapatkan rezeki berlimbah bisa dari mana saja dan bisa dilakukan siapa saja, asalkan kreatif dan berusaha. Usianya terbilang masih sangat muda, akan tetapi Alfiando (20), sudah mengantongi sedikitnya Rp 15 juta per bulan dari jualan cokelat.

Dari Jualan Cokelat, Anak Muda Ini Raup Rp 15 Juta/ Bulan

Dalam acara Wirausaha Muda Mandiri 2016, sisi dunia sempat menemui Alfiando, yang berstatus mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) itu mampu berkreasi dengan memproduksi cokelat batangan.

Awal mulanya cowok ini melihat banyaknya petani cokelat di Gunung Kidul, Yogyakarta, membuat Alfiando terpikir untuk mengolah cokelat (kakao) menjadi produk yang bernilai tambah.

Alfiando menjelaskan pada sisi dunia, Rabu (9/3/16)”Ide saat melihat dari banyak petani cokelat Gunung Kidul, itu mereka punya banyak sekali kakao tapi nggak ada yang produksi dijadikan apa gitu, jadi kita cari inovasi, jadilah cokelat ini,”.

Cokelat racikan Alfiando diberi nama nDalem. Tahun 2013, cokelat nDalem mulai diproduksi. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 50.000 per buah. Dalam proses produksi merek cokelat nDalem, Alfiando dibantu 3 orang kawannya. Selain itu, rasanya cokelat nDalem juga bervariasi.

“Rasanya beda-beda. Ada rasa kopi Papua, kopi Aceh, kopi original, banyak lagi. Best seller green tea, original milk, sama kopi Aceh. Harganya dari Rp 15.000-Rp 50.000. Omzet ya sekitar Rp 15 juta,” kata dia.

Dalam sebulan, ia mampu menjual sedikitnya 5.000 batang cokelat. Alfiando memperkirakan, dari bisnis coklat ini mampu mengantongi omzet sebesar Rp 15 juta/ bulan.

Dari segi pemasaran pun Alfiando menggunakan sosial media sebagai lapaknya, sehingga pemesanan pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Produknya saat ini sudah merambah dari berbagai wilayah Indonesia termasuk luar negeri.

“Sekarang ada 6 karyawan. Mulai usaha dari 2013, punya gerai baru setahun, promosi di sosmed. Pesanan dari seluruh Indonesia, luar negeri ada dari Australia, Singapura, Malaysia, Hong Kong,” imbuhnya. (Freddy Julio – sisidunia.com)