Home » Sport » Terbukti Doping, Nike Putuskan Kontrak Dengan Maria Sharapova

Terbukti Doping, Nike Putuskan Kontrak Dengan Maria Sharapova



Los Angeles – Merk ternama Nike memutuskan kontrak sebagai sponsor utama dari petenis Rusia, yaitu Maria Sharapova. Diputusnya kontrak tersebut lantaran Petenis Rusia tersebut divonis positif menggunakan Doping.

Terbukti Doping, Nike Putuskan Kontrak Dengan Maria Sharapova

Setelah kalah melawan Serena Williams, Tes doping dilakukan sebelum pertandingan perempatfinal Australia Terbuka. Sharapova pun mengumumkan kalau dirinya gagal lolos tes doping. Petenis 28 tahun itu terbukti positif mengonsumsi meldonium. Sharapova mengakui dirinya melakukan kesalahan karena tidak membaca informasi kalau senyawa tersebut telah dilarang.

WADA (Badan Anti Doping Dunia) dan ITF (Federasi Tenis Profesional) pada 1 Januari 2016 sudah mengumumkan senyawa-senyawa yang masuk dalam tes doping.

Masalah Sharapova tidak berhenti sampai diskorsnya dia mulai 12 Maret dan ancaman hukuman berat sampai empat tahun, sponsor utamanya Nike juga menyatakan menghentikan sementara kontraknya dengannya.

“Kami sedih dan terkejut dengan berita soal Sharapova. Kami memutuskan untuk menghentikan hubungan dengan Maria sementara investigasi terus dilakukan. Kami akan terus memantau situasinya,” demikian pernyataan Nike seperti dikutip dari media massa setempat.

Sharapova saat ini masih terikat kontrak dengan Nike sampai 2018. Sharapova merupakan atlet wanita dengan kontrak terbesar yang dipunya Nike, karena Nike merupakan pemasukan sponsorship terbesar Sharapova. Nike mengemukakan tentang kesepakatan antara mereka yang ditandatangani pada tahun 2010, bernilai US$ 70 juta (sekitar Rp 902 miliar – berdasar kurs hari ini).

Menurut sumber terpercaya, di sepanjang tahun 2015 saja Sharapova berhasil meraup US$ 29,5 juta (Rp 380,1 miliar) hanya dari kesepakatan dengan sponsor saja.

Dia punya banyak kerjasama sponsor, di antaranya produk kecantikan Avon, Porsche, Tag Heuer, Evian dan beragam lainnya, karena dengan wajah cantiknya dan prestasi di dunia tenis, Sharapova adalah salah satu figur olahraga paling menjual.
(Freddy Julio – sisidunia.com)