Home » News » Ahok Perintahkan Jajarannya Mengusut Tuntas Sampah Pembungkus Kabel

Ahok Perintahkan Jajarannya Mengusut Tuntas Sampah Pembungkus Kabel



Jakarta – Peristiwa banjir di ibukota yang sudah lama terjadi kini terkuak salah satu penyebabnya yaitu gumpalan kabel yang ditemukan di saluran air di bawah Jalan Medan Merdeka Selatan yang letaknya tidak jauh dari Istana Negara. Penyidik Polda Metro Jaya terus mendalami temuan kulit kabel tersebut.

Ahok Perintahkan Jajarannya Mengusut Tuntas Sampah Pembungkus Kabel

Menurut Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Tito Karnavian, banyak motif yang sedang didalami. Salah satunya adalah dugaan tindak pidana pencurian tembaga dalam kabel.

Pada saat ditemui di Mapolda Metro Jaya Tito Kamis 3 Maret 2016 berkata, “Bisa saja pencurian kabel, (pelakunya) orang yang tahu di situ ada kabel. Istilahnya harta terpendam itu sebetulnya. Karena punya nilai ekonomis,”.

“Jika memang ada tindak pidana pencurian, maka pelaku bisa saja hanya mengambil tembaga yang menjadi pelindung logam dalam kabel. Agar tak terlalu mencolok, diduga pelaku mengambil sedikit demi sedikit tembaga dengan memotong kabel dalam beberapa bagian”, kata Tito pada awak media.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, memerintahkan jajarannya untuk segera melakukan penyelidikan tentang asal usul sampah itu.

Sebelumnya, Dinas Tata Air Pemerintah Provinsi DKI sudah berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya soal adanya tumpukan sampah bungkus kabel di gorong-gorong Jalan Medan Merdeka Selatan yang menyumbat saluran air. (Freddy Julio – sisidunia.com)