Home » Gaya Hidup » Inilah Buah Merah Asal Papua yang Dianggap Mampu Menangkal Penyakit Kanker

Inilah Buah Merah Asal Papua yang Dianggap Mampu Menangkal Penyakit Kanker



Jayapura – Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua terus membudidayakan buah merah di Provinsi tersebut. Pengembangan tersebut dilakukan di 14 kabupaten dan kota.

Inilah Buah Merah Asal Papua yang Dianggap Mampu Menangkal Penyakit Kanker

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Papua Samuel Siriwa pun membenarkan hal tersebut. Menurut dia, pengembangan sedang dilakukan. ”Pengembangan buah merah itu terus dilakukan di di beberapa daerah di Provinsi Papua,” katanya kepada media pada Rabu (17/02/2016).

Nah, pengolahan buah itu dilakukan di beberapa wilayah. Di antaranya, Sentani, Kabupaten Jayapura, Tolikara, dan Kelilah wilayah Mamberamo Tengah. Kemudian, rencananya diperluas di Puncak Jaya dan Yahukimo.

”Pengembangan buah merah itu masih diteruskan. Pada 2014, kami beroperasi di lima kabupaten, kemudian, di 14 kabupaten dan satu kota pada 2015. Pada 2016, luas lahannya juga cukup banyak,” katanya.

Selain itu, pihaknya memberikan bantuan berupa alat pengolahan. Dengan begitu, buah merah lebih mudah di produksi. ”Kami bantu alat pengolahan minyak. Jadi, kami buatkan bangunan dan alat khusus untuk pengolahan minyak,” katanya.

Sebagaimana diketahui, buah merah bernama latin Pandanus Conoideus. Sebab, bentuknya panjang. Selain itu, buah itu tergolong ke dalam tanaman pandan-pandanan.

Selain itu, buah ini memiliki manfaat dan khasiat. sarinya yang berupa minyak dapat diminum. Nah, sari buah merah itu berfungsi mengobati kanker, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan stamina bagi para lelaki, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengobati asam urat, dan mengobati penyakit diabetes militus. (Freddy Julio – sisidunia.com)