sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Nekat Modifikasi Pelat, Siap-Siap Kena Denda Rp 500 Ribu

Nekat Modifikasi Pelat, Siap-Siap Kena Denda Rp 500 Ribu



Jakarta – Polda Metro Jaya bakal menilang kendaraan bermotor yang memodifikasi pelat nomor atau tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB). Sanksinya adalah Rp 500 ribu. Pelanggar juga bisa dipidana kurungan paling lama dua bulan.

Nekat Modifikasi Pelat, Siap-Siap Kena Denda Rp 500 Ribu

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budianto menjelaskan, setiap pengguna kendaraan bermotor yang memasaang pelat tidak sesuai dengan ketentuan dari Polri bakal didenda Rp 500 ribu atau kurungan dua bulan. Hal tersebut telah diatur dalam pasal 68 ayat 1.

”Berdasar pengamatan di jalan, banyak kendaraan yang memakai TNKB tidak sesuai dengan ketentuan UU. Makanya, polantas dinilai kurang profesional oleh masyarakat,” ujar Budianto kepada media pada Senin (15/2/2016).

Dia menambahkan, pada pertengahan 2014, ada sedikit perubahan. Pelat nomor sedikit diperpanjang, ditambah 5 cm daripada sebelumnya. Hal tersebut dilakukan karena ada tambahan tiga huruf di belakang nomor.

Selain itu, lanjut dia, ukuran TNKB roda dua dan tiga menjadi 275 mm dengan lebar 110 mm. ”untuk kendaraan roda empat atau lebih, panjangnya mencapai 430 mm dengan lebar 135 mm,” tutupnya Budianto. (Freddy Julio – sisidunia.com)