sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Menteri Siti Bercerita tentang Batu Akik Kebanggaan Miliknya

Menteri Siti Bercerita tentang Batu Akik Kebanggaan Miliknya



Jakarta – Beberapa waktu lalu, batu akik pernah menjadi fenomena. Ya, pamor batu tersebut pernah sangat melejit. Demam batu itu melanda seluruh kalangan masyarakat. Tak terkecuali Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Menteri Siti Bercerita tentang Batu Akik Kebanggaan Miliknya

Sejak kecil, perempuan yang kerap dipanggil Nur itu memiliki batu akik. Dia pun mengoleksi beberapa di antaranya. Nah, batu akik pertamanya merupakan pemberian sang ibunda.

Menurut dia, dirinya sejak lama suka dengan batu-batu itu. ”Saya sejak kecil dikasih ibu. Jadi, saya dari kecil suka pakai akik,” katanya kepada media Jumat (12/2/2016).

Selain itu, Nur terbiasa berburu batu akik di lapangan, sungai, atau pedalaman hutan. Nah, kegiatan terseebut dilakukan saat bekerja membuka jalan baru di hutan. ”Saya pernah lihat batunya jelek, cokelat-cokelat. Ketika ketabrak dozer itu pecah dan ternyata itu Topaz, indah sekali. Warnanya merah,” kenangnya.

Nur menjelaskan, pirus adalah batu pertamanya. Harganya pun memncapai Rp 900 ribu pada 1970-an.

Menteri yang pernah menjabat kepala penelitian dan pengembangan untuk penelitian geologi tersebut menjelaskan, kualitas batu di Indonesia sangat bagus. Sebab, setiap daerah memiliki ciri khas.

”Ada ciri-ciri geologisnya di setiap daera, batu akiknya yang bagus,” tutupnya. (Freddy Julio – sisidunia.com)