sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Resep Soto Betawi, Teman yang Pas untuk Bersantap Malam

Resep Soto Betawi, Teman yang Pas untuk Bersantap Malam



Jakarta – Soto adalah salah satu makanan asli Indonesia. Ada berbagai jenisnya soto di tanah air. Misalny, Soto Makasar, Soto Madura, Soto dan Lamongan.

Resep Soto Betawi, Teman yang Pas untuk Bersantap Malam

Namun, kali ini, kita akan membahas resep terkait dengan soto betawi yang memang dikenal sedap ini. Berikut ini bahan dan cara membuatnya.

Bahan-Bahan
500 gram daging sapi
3 lbr daun jeruk
2 bh tomat
1 ruas lengkuas
1 btg sereh yang dimemarkan
1 bh jeruk nipis
1 btng daun bawang yang diiris
3 btr telur rebus
3 bh kentang rebus
Santan (1/2 butir kelapa)
garam dan gula
bawang goreng

Bumbu Halus
1 bh kunyit yang dibakar
5 bh kemiri
5 siung bawang merah
1 bh jahe
3 siung bawang putih

Cara Membuat Soto Betawi
1. Rebuslah daging sapi sampai empuk dan kemudian dipotong kotak-kota ukuran sedang, kaldu dari rebusan daging jangan dibuang. Kemudian, tumislah bumbu halus sampai harum dan kemudian masukkan daging yang sudah dipotong tadik dan aduk hingga rata.

2. Setelah itu, tambahkan daun jeruk, lengkuas, serai, garam, dan gula dan aduk lagi sampai rata. Langkah selanjutnya, masukkan tumisan tadi dalam air kaldu kemudian tambahkan santan dan aduk merata dengan nyala api yang kecil dan waktu yang lama.

3. Setelah matang, siapkan mangkuk dan isilah dengan irisan telor rebus, irisan kentang rebus, dan irisan tomat. Kemudian tuangkan soto betawi tadi ke dalam mangkok dan kemudian taburi dengan daun bawang dan bawang goreng.

(Freddy Julio – sisidunia.com)