Home » Otomotif » Skutik Honda Forza Bisa Menjadi Duri Dalam Daging bagi Yamaha Nmax

Skutik Honda Forza Bisa Menjadi Duri Dalam Daging bagi Yamaha Nmax



Jakarta – Honda Forza bakal menghambat Laju Yamaha Nmax. Persaingan motor di Indonesia kini memang dikuasai dua pabrikan tersebut. Keduanya terus bersaing dengan menciptakan motor di kelas yang sama. Honda sempat merajai pasaran motor di kelas matik dan sport 150 cc. Namun, kelas skutik premium masih dikuasai Yamaha Nmax.

Skutik Honda Forza Bisa Menjadi Duri Dalam Daging bagi Yamaha Nmax

Sebenarnya, di skutik premium kelas 150cc, Honda juga mempunyai produk yang siap beradu dengan Yamaha Nmax. Yakni, Honda PCX. Namun, menurut data distribusi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan produk tersebut ini tertinggal jauh dari Yamaha Nmax.

Penjualan skuter dengan mesin 150 cc injeksi itu mencapai 89.286 unit. Honda PCX hanya mampu menembus 3.852 unit. Selain itu, Honda masih menikmati segmen skutik berbodi medium lewat Vario 150 yang laris. Penjualannya pun mencapai 487.975 unit pada 2015.

Mungkin, hal tersebut disebabkan Honda PCX adalah motor impor utuh (completely built up atau CBU) dari Vietnam. Di sisi lain, Yamaha memutuskan merakit NMAX di Indonesia. Harganya pun yang jauh lebih kompetitif. Akibatnya, hampir seluruh konsumen di segmen skuter bongsor tersebut menjatuhkan pilihan ke Yamaha. (Freddy Julio – sisidunia.com)