Home » News » Inilah Kendaraan Lapis Baja Andalan Israel

Inilah Kendaraan Lapis Baja Andalan Israel



Jakarta โ€“ Israel memang mempunyai teknologi persenjataan mutakhir dan canggih. Selain itu, peralatan tempur mereka mampu mengimbangi, bahkan melampaui, kecanggihan teknologi persenjataan dari negara-negara Eropa dan Amerika.

Inilah Kendaraan Lapis Baja Andalan Israel

Misalnya, Merkava. Itu adalah salah satu tank buatan Israel yang paling terkenal.

Sebagaiamana diberitakan tribunnews.com pada Minggu (31/1/2016), seorang pemilik akun bernama fronzz di forum tribunnews.com menuliskan bahwa Merkava bergabung kali pertama dengan Israel Defense Forces (IDF) pada 1979. Kendaraan lapis baja tersebut menggantikan tank impor yang dimodifikasi (produksi Inggris dan Amerika) Israel sejak 1948.

Berkat desain dan konstruksi yang dibangun di dalam negeri, Israel pun tidak bergantung dari pasokan asing, Misalnya, spareparts. Selain itu, Israel bisa fokus mendesain benar sesuai dengan kebutuhan. Sekitar 1.600 Merkava dari berbagai jenis telah ditugaskan. Selain itu, ratusan unit masih diproduksi.

Merkava pun menjadi pahlawan dalam berbagai konflik bersenjata. Misalnya, melawan kelompok Hizbullah.

Karena sangat andal, Pemerintah Israel membatalkan rencana untuk menghentikan produksi tank tersebut. Kini teknologi tank itu terus dikembangkan. Mulai persenjaatan, komunikasi, komputerisasi, hingga pendingin ruangan (AC).

Berikut ini beberapa data spesifikasi ringkas dari tank merkava:

โ€“ Kru: 4, terdiri atas Komandan, driver, penembak, dan loader
โ€“ Panjang (dengan meriam): 9,04 meter
โ€“ Lebar (tanpa pelindung roda): 3,72 meter
โ€“ Tinggi ke Turret: 2,66 meter
โ€“ Berat: 65 ton
โ€“ Senjata utama: Smooth-bore 120 m
โ€“ Amunisi: 48 putaran

(Freddy Julio โ€“ sisidunia.com)