Home » News » Jokowi Perintahkan Tjahjo Kumolo Benahi 3000 Perda Bermasalah hingga Akhir Tahun Nanti

Jokowi Perintahkan Tjahjo Kumolo Benahi 3000 Perda Bermasalah hingga Akhir Tahun Nanti



Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan ada 3 ribu perda bermasalah. Karena itu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo diminta untuk mencabut semuanya.

Jokowi Perintahkan Tjahjo Kumolo Benahi 3000 Perda Bermasalah hingga Akhir Tahun Nanti

Jokowi menjelaskan, Tjahjo diminta untuk segera mencabut seluruh perda saja. ”Mengenai tarif, itu kan menyusahkan rakyat. Itu namanya perizinan yang bertolak belakang dengan undang-undang,” katanya dalam sambutan pembukaan Konferensi Nasional Forum Rektor Indonesia 2016 di Universitas Negeri Yogyakarta, Jumat malam (30/1/2016).

Menurut Jokowi, kementerian berhak mencabut seluruh perda bermasalah. Semuanya tidak perlu dikaji lagi karena memakan waktu. ”Sangat banyak, mungkin akhir tahun bisa selesai. Jangan dikaji, Pak Menteri,” katanya kepada Tjahjo yang juga hadir dalam acara tersebut.

Selain itu, karena peraturan yang rumit akan, pembangunan dan kemajuan ekonomi bangsa dapat terhambat. Menurut Jokowi, negara memerlukan kecepatan dan ketepatan saat pengambilan keputusan. ”Aturan segitu banyak buat apa? Itu kan menjerat kita sendiri, kita tidak lincah, dan kita tidak cepat,” jelasnya.

Dia menjelaskan, kuncinya adalah membangun mentalitas bangsa yang berkompeten dan profesional. Karakter bangsa yang baik sulit dibangun dengan kondisi , baik di daerah maupun di pusat, dipersulit. Ya, aturan-aturan tersebut dinilai memperlambat pembangunan. (Freddy Julio – sisidunia.com)