sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Survei, Pria Indonesia Tak Suka Gunakan Alat Kontrasepsi

Survei, Pria Indonesia Tak Suka Gunakan Alat Kontrasepsi



Nusa Dua – Rutgers WPF Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan reproduksi, seksual, serta penanggulangan kekerasan berbasis gender dan seksualitas menyurvei berbagai motif yang mendorong penggunaan alat Keluarga Berencana (KB). Riset tersebut ditujukan kepada kalangan laki-laki.

 

Survei, Pria Indonesia Tak Suka Gunakan Alat Kontrasepsi

Hasilnya, hanya minoritas yang mau menggunakan alat kontrasepsi. Jumlahnya hanya berkisar 4,6 persen. Angka tersebut diperoleh dari penelitian di Jogjakarta dan Lampung pada 2015.

Perwakilan Rutgers WPF Indonesia Rinaldi Ridwan mengungkapkan, penelitian tersebut bukan hanya menyosialisasikan KB. Pihaknya pun berupaya mendorong pria untuk menggunakan alat kontrasepsi.

Memang, KB di Indonesia sangat sukses. Namun, kesuksesan tersebut harus dibayar mahal dengan besarnya total ibu meninggal. Angkanya pun tercatat yang terbesar se-Asia Tenggara.

”Laki-laki perlu dilibatkan secara masif dalam program KB,” katanya dalam International Conference on Family Planning (ICFP) 2016 di Nusa Dua, Rabu (27/1).

Caranya, mulai pemeriksaan kehamilan, persalinan, hingga pengasuhan anak. Dengan begitu, kekerasan dalam rumah tangga cenderung tidak terjadi. Dampaknya, kesehatan ibu dan anak pun meningkat.

Rinaldi menjelaskan, itu merupakan program KB inklusif. Yakni, KB yang melibatkan laki-laki, khususnya suami.

Karena itu, pemerintah memberikan pembinaan kepada tenaga kesehatan laki-laki dengan alat yang terstruktur. Modul khusus tenaga kesehatan pun akan dibuat Rutgers WPF Indonesia. Tujuannya, lebih sensitif terhadap kebutuhan laki-laki. Selain itu, mereka bisa segera mengetahui tanda-tanda kekerasan dalam rumah tangga. (Freddy Julio – sisidunia.com)