Home » News » Inilah Fungsi 14 Anggota Tim Pengawas Intelijen yang Dilantik DPR

Inilah Fungsi 14 Anggota Tim Pengawas Intelijen yang Dilantik DPR



Jakarta โ€“ Kini DPR memiliki tim baru. Namanya adalah Tim Pengawas Intelijen di DPR. Pada Selasa (26/1/2016), 14 orang anggota tim tersebut dilantik dalam paripurna hari ini. Lantas, apakah fungsi dari tim tersebut?

Inilah Fungsi 14 Anggota Tim Pengawas Intelijen yang Dilantik DPR

Berdasar pantauan Sisi Dunia, pelantikan itu diselenggarakan sebagai agenda pertama rapat paripurna di gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/1/2016). Sumpah 14 orang tersebut diambil di hadapan anggota rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPR Ade Komaruddin.

Selain itu, tim itu dibentuk berdasar undang-undang. Yakni, Peraturan DPR Nomor 2 tentang Tim Pengawas Intelijen di DPR. Seluruh anggota tim tersebut adalah wakil dari beberapa fraksi di Komisi I DPR.

Secara umum, tim tersebut mengawasi pelaksanaan fungsi intelijen negara. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan. Tugas itu pun diatur dalam pasal 9 tentang peraturan tim pengawas intelijen. Antara lain, mengadakan rapat dengan orang yang terkait dengan penyimpangan intelijen.

Selain itu, mereka memiliki sebuah kewajiban. Yakni, menjaga rahasia intelijen, mengadakan rapat tertutup, dan menetapkan hasil rapat secara rahasia. (Freddy Julio โ€“ sisidunia.com)