Home » News » Kepolisian Malaysia Meringkus 7 Anggota ISIS yang Berencana Melakukan Teror

Kepolisian Malaysia Meringkus 7 Anggota ISIS yang Berencana Melakukan Teror



Kuala Lumpur – Tujuh anggota kelompok radikal ISIS diringkus kepolisian Malaysia. Penangkapan tersebut terjadi saat operasi selama tiga hari. Sebab, pemerintah yakin ketujuh tersangka akan beraksi di Malaysia.

Kepolisian Malaysia Meringkus 7 Anggota ISIS yang Berencana Melakukan Teror

Berdasar informasi yang diperoleh, operasi tersebut dimulai pada 22 Januari lalu di empat negeri bagian Malaysia. Itu dilakukan jelang Konferensi Internasional tentang Deradikalisasi dan Melawan Ekstremisme Keras pada Senin (25/1/2016).

Polisi setempat menyatakan bahwa para tersangka diperintah anggota-anggota ISIS di Suriah, termasuk Bahrun Naim. Mereka diminta menyerang Malaysia. Seperti diketahui, Bahrun adalah anggota ISIS dari Indonesia. Dia disebut-sebut sebagai dalang ledakan bom di kawasan M.H. Thamrin pada 14 Januari.

Inspektur Jenderal Polisi Khalid Abu Bakar menjelaskan, tujuh tersangka itu adalah anggota sel yang sama. ”Mereka bertanggung jawab untuk teror di lokasi-lokasi strategis Malaysia,” Katanya sebagaimana dilansir dari Reuters Senin (25/1/2016).

Menurut Khalid, para tersangka diinstruksi Muhammad Wanndy Mohamed Jedi. Dia adalah Malaysia yang merekrut anggota ISIS. Operasi tersebut diselenggarakan karena seorang anggota ISIS lainnya pada 15 Januari berencana melakukan serangan bunuh diri di Kuala Lumpur.

Selain itu, ketujuh tersangka adalah pria Malaysia. Umurnya 26–50 tahun. Dalam tas para tersangka, polisi mendapati dan menyita buku mengenai jihad, peluru, serta bendera dan video propaganda ISIS. (Freddy Julio – sisidunia.com)