sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » ISIS Mungkin Besar ke Libya gara-gara Kemunduran Militan di Suriah

ISIS Mungkin Besar ke Libya gara-gara Kemunduran Militan di Suriah



Brussels – Militan radikal Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Suriah mengalami kemunduran. Mungkin besar, hal tersebut membuat sejumlah pemimpin ISIS hijrah ke negara lain. Diduga, mereka akan mendatangi Libya. Sebab, di sana, mereka menerima tekanan yang lebih sedikit.

ISIS Mungkin Besar ke Libya gara-gara Kemunduran Militan di Suriah

Sebagaimana diberitakan AFP pada Jumat (22/1/2016), Koordinator Antiterorisme Uni Eropa Gilles de Kerchove memperingatkan, ISIS bakal lebih banyak melancarkan teror seperti yang dilakukan di Paris. Hal tersebut didorong operasi militer koalisi pimpinan Amerika Serikat dan serangan pesawat tempur Rusia.

De Kerchove menjelaskan, ISIS baru-baru ini dikalahkan di Ramadi, Irak, dan Suriah. Karena itu, ISIS kini cenderung bertahan. ”Bisa jadi, terjadi sejumlah pergerakan ke Libya,” katanya merujuk wilayah kekhalifahan yang diresmikan ISIS pada 2014 lalu di Kota Raqqa, Suriah.

Saat ini, ISIS lebih mudah beroperasi di wilayah Libya. Sebab, perebutan kekuasaan sedang terjadi di sana. Di memprediksi ada 3 ribu anggota ISIS di Libya saat ini.

”Pemimpin senior (ISIS) di Suriah mengawasi yang terjadi di Libya. Jadi, tekanan terlalu tinggi, mereka mungkin bakal pindah ke lokasi lain,” jata De Kerchove. (Freddy Julio – sisidunia.com)