Home » Gaya Hidup » Inilah Beberapa Perangkat Pintar Rumah Masa Depan

Inilah Beberapa Perangkat Pintar Rumah Masa Depan



Las Vegas– Seiring perkembangan zaman, teknologi pun semakin maju. Semua perabot, baik untuk rumah tangga atau mobile, terkoneksi dengan internet. Misalnya, mesin cuci, lampu, dan perabotan rumah tangga lain. Saat ini, rumah pintar menjadi gaya hidup yang mendunia dalam setahun terakhir.

Inilah Beberapa Perangkat Pintar Rumah Masa Depan

Berbagai piranti baru dipamerkan di konsumer elektronik global CES pada Minggu (17/1/2016) di Las Vegas, Amerika Serikat. Ke depan, tren tersebut bakal digemari.

Apakah saja peralatan yang tersedia di toko untuk tahun baru ini? Berikut ini adalah daftarnya.
Kulkas

Di CES 2016, kulkas Family Hub Samsung adalah salah satu di antara sekian banyak produk yang sangat dinanti. Kulkas tersebut dilengkapi layar sentuh berukuran besar. Selain itu, kulkas pintar tersebut bisa berfungsi sebagai pusat perintah untuk seluruh keluarga.

User dapat meng-update kalender dan notes sambil mendata bahan dapur yang dibutuhkan dan akan kedaluarsa.

Kamera di dalam kulkas pun dapat mengambil foto dengan berkualitas tinggi saat pintu kulkas ditutup. Dengan begitu, gambar dalam dapat diakses. Hal tersebut memudahkan Anda mengetahui bahan yang perlu dibeli.

Vas Pintar

Vas pintar Wulian Dream Flower bukan sekadar dekorasi. Fungsinya adalah detektor lingkungan. Perangkat tersebut dapat mengontrol suhu rumah, kelembaban, tingkat karbondioksida, PM 2.5 level, dan suara.

Selain itu, vas pintar tersebut dapat disambungkan dengan beberapa gadget., Termasuk smartphone dan pendingin udara. Termasuk dapat dipakai sebagai lampu LED dan wireless router.

Sistem Penguncian Futuristik

Kini mengunci peralatan semudah melihat ke cermin. EyeLock telah merilis modul iris pertama untuk produk PC. Artinya, user dapat mengunci dan membuka bermacam-macam aplikasi dalam sekejap mata.

Jarak efektif modul tersebut pun mencapai 60 cm. Sesuai dengan tagline EyeLock, semua bisa lebih aman hanya dengan DNA Anda.

Hub Rumah yang Cerdas

Memiliki julukan gateway atau pintu masuk untuk perabotan yang terkoneksi. LG’s Smart ThinQ Hub akan mengawasi dan terhubung dengan berbagai perangkat di rumah pengguna.

Data dari sejumlah perangkat, di antaranya mesin cuci dan AC, akan dimunculkan di layar LCD atau disiarkan lewat speaker. Selain itu, hub tersebut dapat menampilkan pengingat kalender dan musik.

Detektor Asap Berdasar Suara

Halo merupakan perangkat yang menyatukan detektor asap dan alarm karbonmonoksida. Peringatan akan memberi tahu user saat perangkat ini mendapati masalah di rumah.

Di saat yang sama, warna yang berbeda akan ditampilkan. Tujuannya, mengingatkan adanya bahaya. Tanda juga akan dikirim ke smartphone pengguna. Built-in radio cuaca bakal membikin pengguna tetap up-to-date terhadap cuaca yang membahayakan. Contohnya adalah badai yang terjadi di kawasan tertentu. (Freddy Julio – sisidunia.com)