sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Hiburan » Benarkah Tangan Cyborg ala I Wayan Sumardana Hanya Sebuah Kebohongan?

Benarkah Tangan Cyborg ala I Wayan Sumardana Hanya Sebuah Kebohongan?



Denpasar – Penemuan I Wayan Sumardana alias Tawan, 31, yang dijuluki media sebagai Iron Man asal Bali mendapat reaksi luar biasa di media sosial. Ya, Wayan menciptakan tangan robot yang dipakainya hanya bisa dipakai diirinya.

Benarkah Tangan Cyborg ala I Wayan Sumardana Hanya Sebuah Kebohongan?

Awalnya, tangan robot tersebut dibuat untuk membantu lengan kirinya yang lumpuh. Yang lebih fantastis, lengan mekanik tersebut dapat digerakkan dengan membaca pikiran.

Namun, tidak semua netizen yang mengapresiasi karya itu percaya dengan pemberitaan di media massa. Tak sedikit pula yang menyebut bangga dengan kreasi anak negeri yang luar biasa. Seperti komentar user Facebook bernama M. Asad Abdurrahman.

Berdasar pantauan Sisi Dunia pada Jumat (22/1/2016), Asad menjelaskan bahwa rangkaian itu palsu. Hal tersebut berdasar foto rangkaian elektronik yang tersebar selama ini. Menurut dia, rangkaian komponen tersebut tidak masuk akal. Berikut ini beberapa komentarnya yang di-posting di Facebook.

”Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax.
Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya?”

”Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..
Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri..
Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..
Lalu PCB merah di atas batere itu PCB mouse.

Yang jelas.. saya salut pada orang ini… dia berhasil membual dan banyak yang percaya…”

Benarkah Tangan Cyborg ala I Wayan Sumardana Hanya Sebuah Kebohongan?

”Satu prinsip dasar dari teknik elektronika… Orang bisa saja memakai ulang komponen seperti resistor, kapasitor dll pada perangkat lain.
Tapi tidak demikain untuk PCB karena tiap perangkat mempunyai PCB yang berbeda.. PCB radio tidak bisadipakai di TV dan sebaliknya… Jadi kalau mau buat perangkat yang berbeda, maka harus mendesain PCB untuk perangkat tersebut… Got it?”

Sebagaimana yang ramai diberitakan, Wayan mengakui bahwa dirinya adalah lulusan STM Rekayasa Denpasar. Tangan robot tersebut dirangkai dari barang bekas dipasang untuk menggerakkan lengan kirinya yang lumpuh.

”Tangan robot bisa berfungsi karena pikiran si pemakai. Itu dibuat dari gir dan shock motor. Ada juga beberapa komponen lain. Saya cuma beli dorn sebagai alat penggerak. Biayanya sekitar Rp 4,7 juta,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tangan tersebut bergerak karena pikiran terhubung dengan dorn di kepala. Alat pembaca pikiran tersebut memiliki rumus numerik dan rangkaian alfabet. Tangan mekanik ini tidak bisa dipakai orang lain, Cuma saya,” tambahnya.

Menurut penuturan tersebut, apakah tangan iron man tersebut bisa benar-benar berfungsi ataukah hanya bualan semata? (Freddy Julio – sisidunia.com)