sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Sport » Simak, Mengenal Arti Warna Bendera Di Ajang Balap F1

Simak, Mengenal Arti Warna Bendera Di Ajang Balap F1



Jakarta – Di setiap balapan F1, Anda tentu memperhatikan bendera kotak-kotak hitam-putih. Jika bendera itu dikibarkan, tandanya pertandingan dimulai atau berakhir. Ternyata, ada warna lain yang bisa didapati di ajang balapan F1.

Simak, Mengenal Arti Warna Bendera Di Ajang Balap F1

Berdasar pantauan Sisi Dunia pada Kamis (21/1/2016), ada sejumlah bendera lain yang selalu dikibarkan marshal atau pengibar bendera. Apa saja fungsi dan warna setiap bendera?

Bendera kuning

Jika bendera tersebut dikibarkan, terjadi sesuatu di lintasan. Satu bendera kuning mengimbau pembalap berhati-hati. Dua bendera kuning berarti pembalap harus berhenti. Sebab, ada yang menghalangi laju kendaraan.
Jika bendera warna ini berkibar, para pembalap tidak boleh saling mendahului.

Bendera hijau

Jika bendera hijau berkibar, lintasan aman. Para pembalap dapat kembali melaju dengan kecepatan penuh.

Bendera merah

Artinya, lintasan tak bisa dilewati karena ada sesuatu hal. Jika bendera ini berkibar, seluruh pembalap harus masuk ke pit stop masing-masing.

Bendera biru

Ada juga bendera berwarna biru. Jika bendera ini dikibarkan, pembalap paling depan sangat dekat dengan pembalap di belakangnya. Pembalap paling buncit pun harus membuka jalan agar pembalap di belakang menyusulnya.

Bendera putih

Bendera ini sangat jarang dikibarkan. Biasanya, ada mobil berkecepatan rendah yang masuk lintasn. Misalnya, ambulans yang melakukan penyelamatan atau evakuasi.

Bendera hitam

Bendera tersebut cukup membuat para pembalap takut. Sebab, ada pembalap yang didiskualifikasi karena alasan tertentu.

Bendera hitam-putih

Bendera ini memberitahukan adanya pembalap yang tidak sportif. Biasanya, bendera tersebut berkibar dengan disertai nomor mobil yang dimaksud.

Bendera hitam satu lingkaran

Bendera hitam dengan satu lingkaran di tengah bakal dikibarkan marshal jika mobil pembalap membahayakan kendaraan lain.

Bendera merah-kuning

Ada pula bendera merah-kuning, garis-garis, mirip bendera Spanyol. Jika bendera tersebut dikibarkan, para pembalap harus melaju dengan kecepatan rendah. Sebab, lintasan licin karena cuaca atau tumpahan oli. (Freddy Julio – sisidunia.com)