sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Penting, Kini Kita Bisa Menentukan Umur Stasiun Televisi

Penting, Kini Kita Bisa Menentukan Umur Stasiun Televisi



Jakarta – Televisi dan radio mempunyai tenggat izin siaran. Meski jangka waktunya berbeda-beda, masa berlaku penyiaran seluruh stasiun habis tahun ini.

Penting, Kini Kita Bisa Menentukan Umur Stasiun Televisi

Untuk melanjutkan siaran, mereka wajib meminta restu KPI lewat Evaluasi Dengar Pendapat (EDP) dari masyarakat. Karena itu, kini masyarakat berperan aktif untuk menentukan siaran di tanah air.

Dalam surat edaran KPI, izin stasiun televisi seperti RCTI, MNC TV, SCTV, ANTV, Indosiar, tvOne, MetroTV, TransTV, dan Trans7, habis pada 2016. Artinya, jika tidak melakukan perpanjangan, seluruh stasiun televisi itu tidak dapat menyiarkan programnya.

Wakil Ketua KPI Idy Muzayyad pun membenarkan kondisi tersebut. ”Syarat perpanjangan IPP (Izin Penyelenggaran Penyiaran) harus memiliki rekomendasi kelaikan dari KPI,” katanya kepada media pada Senin (18/1/2016).

Ada tiga syarat untuk mengantongi IPP tersebut. Yakni, kelaikan teknis, kelaikan administrasi, dan kelaikan program siaran atau konten.
Teknis tersebut berkaitan dengan teknologi, peralatan, dan pemancar. Kelaikan administrasi mencakup badan hukum dan kepemilikan saham. Konten siaran ditentukan masyarakat melalui Evaluasi Dengar Pendapat (EDP).

Tujuannya, KPI ingin mengetahui siaran berjalan sesuai atau tidak dengan ketentuan dan pedoman. Hal tersebut dilakukan sebelum memutuskan untuk memberikan izin penyiaran kembali. Diharapkan, kualitas siaran dapat lebih baik.

KPI pun menerima masukan dari masyarakat hingga 31 Januari 2016. Masyarakat bisa memberikan saran atau kritik tentang konten siaran, baik televisi maupun radio di Indonesia, lewat e-mail ujipublik@kpi.go.id. (Freddy Julio – sisidunia.com)