sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Hiburan » Dituduh Plagiat, Glenn Fredly Disomasi Dosen FIB UB

Dituduh Plagiat, Glenn Fredly Disomasi Dosen FIB UB



Malang – Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya Malang Yusri Fajar menyomasi Glenn Fredly. Hal tersebut dilakukan karena adanya dugaan plagiasi terhadap buku miliknya. Buku kumpulan cerpen tersebut difilmkan dengan judul yang sama, Surat dari Praha.

Dituduh Plagiat, Glenn Fredly Disomasi Dosen FIB UB

Menurut Yusri, kumpulan cerpen tersebut diterbitkan pada 2012. Film tersebut digarap Visinema Pictures serta diproduseri Glenn Fredly dan Angga Dwimas Sasongko tanpa sepengetahuan penulis. ”Tema dan ide besar film sekilas mirip dengan buku saya,” kata Yusri kepada media di Malang pada Rabu (20/01/2016).

Dia yang didampingi kuasa hukum, Farid Ramdhani, itu mengungkapkan, tidak ada tindakan nyata dari Visinema sejak Agustus 2015. Padahal, dua belah pihak kerap berdialog. Namun, mereka tetap ngotot bahwa film tersebut beda. Jika ada kesamaan, itu adalah kebetulan.

Menurut Yusri, film tersebut tidak mungkin sebuah kebetulan. Ia pun tidak terima ”Tidak mungkin kebetulan jika surat, tempat, dan lainnya sangat mirip,” katanya.

Karena adanya dugaan penjiplakan dan pelanggaran dalam pembuatan film yang akan rilis tahun ini tersebut, Yusri pun bakal menempuh jalur hukum. Namun, langkah hukum seperti apa? Pihaknya pun masih berkomunikasi dengan kuasa hukum.

Menurut Farid Ramdhani, ada beberapa tuntutan yang harus dituruti pihak rumah produksi. Salah satunya adalah menindaklanjuti hasil dialog pada Agustus tahun lalu. Dia menjelaskan, karya seniman daerah memang kerap dicuri. (Freddy Julio – sisidunia.com)