Home » News » Diskamtam Bandung Gelontorkan Rp 150 Juta untuk Bikin Robot Angkot

Diskamtam Bandung Gelontorkan Rp 150 Juta untuk Bikin Robot Angkot



Bandung – Bandung adalah salah satu kota yang mempunyai banyak angkutan kota (angkot). Namun, saat ini, angkot telah ditinggalkan. Selain itu, banyak masyarakat yang menggunakan angkutan roda dua.

Diskamtam Bandung Gelontorkan Rp 150 Juta untuk Bikin Robot Angkot

Hal tersebut menjadi salah satu alasan Pemkot Bandung melalui Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtam) Kota Bandung. Mereka akan membikin robot bertema angkot.

Menurut Kepala Diskamtam Kota Bandung Arief Prasetya, robot angkot di Taman Cibeunying tersebut bernama Trangkoters. Sebenarnya, ide tersebut digunakan agar masyarakat kembali menumpang kendaraan umum, terlebih angkot. ”Kami kampanyekan itu melalui robot ini,” ujar Arief saat dihubungi melalui media pada Senin (18/1/2016).

Inspirasi robot tersebut berasal dari angkot Cicaheum-Ciroyom. Anggaran pembuatannya pun mencapai Rp 150 juta. ”Kami yang desain. Anggarannya sampai Rp 150 juta,” kata Arief.

Ke depan, selain robot bertema angkot, pihaknya akan membikin robot dengan tema lain di lokasi berbeda. Menurut Arief, selain estetika dan fasilitas publik, robot bisa digunakan sebagai ikon taman. ”Misalnya, janjian di Taman Cibeunying. Taman Cibeunying itu di sebelah mana? Yang ada robot angkotnya itu lho. Jadi, taman punya ciri khas,” tambahnya. (Freddy Julio – sisidunia.com)