sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Bisa Dinikmati Warga Tahun 2019 Mendatang

Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Bisa Dinikmati Warga Tahun 2019 Mendatang



Jakarta – Kabar baik untuk pengguna kereta api. Pada 2019, kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) siap beroperasi. Kereta tersebut didesain dapat melaju 350 kilometer (km) per jam. Kecepatan maksimal kereta lansiran China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang tersebut menembus angka 380 km per jam.

Kereta Cepat Jakarta Bandung Bakal Bisa Dinikmati Warga Tahun 2019 Mendatang

Namun, saat awal beroperasi dan sesuai dengan regulator, kecepatan dibatasi 200 km per jam. Evaluasi kecepatan pun disesuikan seiring dengan uji coba.

Sebagaimana dilansir dari Detik Finance pada Rabu (13/1/2016), ujung kepala kereta berbentuk seperti peluru. Selain itu, model tersebut sudah digunakan di Tiongkok.

Kerteta itu pun menyediakan tiga kelas. Yakni, VIP Class, Executive Class, dan Economic Class. Desainnya pun dibikin mirip dengan cabin pesawat terbang.

Untuk tahap awal, 11 train set dipesan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Satu set terdiri atas delapan kereta atau gerbong yang bisa mengangkut penumpang 500 orang. Jika dua rangkaian disatukan, kereta bisa berisi seribu penumpang sekali jalan.

Dalam sehari, kereta tersebut diproyeksikan mengangkut 28.000 penumpang. Pada tahun 2019, 200 ribu orang diperkirakan hilir mudik Jakarta–Bandung setiap hari. (Freddy Julio – sisidunia.com)