Home » News » Jutaan Dolar Harta ISIS Hangus karena Gempuran Udara AS

Jutaan Dolar Harta ISIS Hangus karena Gempuran Udara AS



Mosul – Markas ISIS di pusat Mosul, Irak, digempur koalisi serangan udara. Koalisi yang dipimpin ASS meratakan gudang penyimpangan uang milik kelompok itu .

Jutaan Dolar Harta ISIS Hangus karena Gempuran Udara AS

Serangan tersebut dilancarkan pada Minggu pagi (10/1/2016). Sebab, saat siang banyak warga sipil. Selain itu, para anggota teroris itu bekerja saat malam. Serangan itu pun memakan korban warga sipil. Sebanyak lima orang diperkirakan meninggal saat serangan udara tersebut terjadi.

Sebagaimana diberitakan CNN, ISIS menggunakan uang tersebut untuk menggaji tentara dan dana operasional. Namun, sumber pertahanan AS tidak mengungkapkan jumlah dana tersebut. ”Yang pasti mencapai jutaan dolar,” kata sumber itu.

Karena keberhasilan tersebut, AS akan kembali memasang target yang sama pada serangan berikutnya. Tujuannya, melenyapkan skill ISIS yang memiliki fungsi sebagai entitas mirip negara. Selain itu, serangan udara yang dipimpin AS mulai mengincar truk minyak milik ISIS.

Namun, sumber tersebut tidak menjelaskan cara untuk mengetahui keberadaan ISIS. Menurut dia, intelijen memberikan informasi mengenai tempat distribusi dan brankas ISIS. Lalu, pesawat dan drone milik AS mengamati daerah tersebut. Alat tersebut mencari data tentang jumlah warga sipil di sana. (Freddy Julio – sisidunia.com)