Home » News » Beginilah Bentuk Senapan Serbu Buatan PT Pindad

Beginilah Bentuk Senapan Serbu Buatan PT Pindad



Jakarta – Produsen senjata dan kendaraan tempur, PT Pindad (Persero) segera merilis senapan serbu terbaru. Yakni, SSX. Badan usaha milik negara (BUMN) itu rencananya meluncurkannya pada Maret Tahun ini

Beginilah Bentuk Senapan Serbu Buatan PT Pindad

Direktur Utama Pindad Silmy Karim membenarkan kabar tersebut. ”Dirilis pada Maret 2016,” katanya kepada awak media pada Selasa (21/1/2016).

Menurut dia, senjata tersebut adalah model terbaru. Itu bukan dikembangkan dari pendahulunya yang diproduksi masal. Yakni, SS-2 dan SS-1. Spesifikasinya, kaliber 7.62 x 51 mm dan jarak tembak efektif (effective range) 600-800 meter. Untuk SS-2 atau SS-1, kalibernya hanya 5.56 mm dengan jarak tembakan efektif 300 meter.

Dilihat dari kaliber dan spesifikasi, senapan tersebut mirip dengan AK-47, sejata milik Uni Soviet (Rusia) yang dibuat Mikhail Kalashnikov. Silmy menjelaskan, AK-47 dan SSX hampir mirip. Yakni, menggunakan kaliber 7.62 x 39 mm. Bedanya range AK 47 hanya 300 meter, sedangkan SSX 800 meter.

Dia menambahkan, senapan serbu tersebut didesain insinyur Pindad. ”Range lebih jauh, lebih mantap. Ini desain asli kami,” tuturnya. (Freddy Julio – sisidunia.com)