Home » News » Sah, Ade Komaruddin Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR

Sah, Ade Komaruddin Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR



Jakarta – Ketua DPR resmi diganti. Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali resmi mengangkat Ade Komaruddin sebagai ketua DPR baru. Akom –sapaan akrabnya– menjalani pelantikan pada Senin (11/1/2016).

Sah, Ade Komaruddin Gantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR

Sebelum acara pelantikan berlangsung, terjadi kisruh di dalam ruang sidang paripurna DPR. Agung Laksono, anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, meminta penundaan pelaksanaan pelantikan.

Selain itu, sebagian besar anggota setuju jika pelantikan ketua DPR yang baru dilaksanakan hari ini. Terkecuali dari Fraksi PDIP.
Ketua MA Hatta Ali pun meminta Akom mengikuti kata-katanya. ”Saudara mempunyai tanggung jawab menyelamatkan Pancasila, UUD 1945. Sumpah ini adalah janji terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan harus ditetapi dengan segala keikhlasan dan jujur,” katanya membacakan sumpah.

Akom pun bersumpah atas nama Tuhan bahwa dirinya akan memenuhi kewajiban sebagai ketua DPR yang baru dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. ”Bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakkan kehidupan demokrasi serta mengabdi terhadap bangsa dan negara,” katanya.

Pria kelahiran Purwakarta, Jawa Barat, 16 Desember 1965, itu melanjutkan, dirinya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang diwakili agar dapat mewujudkan tujuan nasional, kepentingan bangsa, serta negara.

Dalam pelantikan tersebut, diwarnai sejumlah aksi. Berdasar pengamatan Sisi Dunia, beberapa anggota kubu Agung Laksono walkout. (Freddy Julio – sisidunia.com)