Home » Techno » Dianggap Rasis, Iklan Pemutih Kulit Ini Dicibir Netizen

Dianggap Rasis, Iklan Pemutih Kulit Ini Dicibir Netizen



BANGKOK – Kulit putih menjadi dambaan seluruh orang. Terutama bagi seseorang yang berkulit cokelat atau sawo matang.

Namun, kecaman terhadap iklan pemutih kulit di Thailand muncul. Sebab, iklan tersebut menyatakan, ”Anda harus putih jika ingin menang”. Faktanya, orang Thailand, khususnya oleh wanita, kulit pucat sangat dihargai. Sebab, kondisi tersebut berhubungan erat dengan strata tinggi di masyarakat. Selain itu, Kulit lebih gelap dan kecokelatan disangkutkan dengan kelas bawah atau orang yang bekerja di ladang.

Dianggap Rasis, Iklan Pemutih Kulit Ini Dicibir Netizen

Iklan itu adalah pil pemutih kulit bernama Snowz. Pil tersebut diproduksi Thailand Seoul Secret. Iklan promosinya disiarkan di YouTube. Dalam iklan, aktris yang berkulit lebih gelap berada di samping kulit terang. ”Anda hanya perlu menjadi putih untuk menang,” kata tulisannya.

Iklan tersebut pun memantik reaksi pantip.com, sebuah forum berbahasa Thailand. Anggota forum tersebut merasa kecewa dan marah.

Menurut anggota 1575141, dirinya merasa baik-baik saja berkulit gelap. ”Sekarang kamu bilang saya kalah? Hai? Apa?” tambahnya.

Sebagaimana dikutip Reuters, ada yang menjelaskan bahwa iklan tersebut mengandung rasis. Sebab, isinya beranggapan orang kulit gelap adalah pecundang.

”Kegilaan orang Thailand terhadap kulit putih meracuni otak lagi,” kata Kaewmala melalui Twitter.

Berdasar pantauan Sisi Dunia pada Sabtu (9/1/2016), pihak YouTube sudah menghapus video itu. Namun, penyebarannya sudah tak terkendali.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Yulihan Grup (Thailand) Wattanapak Jinsirivanich selaku perusahaan pembuat bahan kecantikan Seoul Secret telah meminta maaf. Dia menjelaskan, video promosi itu tidak dibuat untuk memancing silang pendapat. (Freddy Julio – sisidunia.com)