Home » Gaya Hidup » Awas, Parfum Eceran Menggunakan Bahan Berbahaya

Awas, Parfum Eceran Menggunakan Bahan Berbahaya



DENPASAR – Masyarakat diminta waspada saat membeli minyak pewangi atau parfum yang bisa didapat di pasaran dan toko pengecer. Sebab, terkadang, produk itu diduga tidak memiliki label dari Kementerian Kesehatan dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

Awas, Parfum Eceran Menggunakan Bahan Berbahaya

ilustrasi

Direktur Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen (YLPK) Bali Putu Armaya berharap warga mewaspadai penjual pewangi atau parfum beraneka ragam aroma. ”Apalagi mereka menjelaskan bahwa produknya bisa mengimbangi produk perusahaan ternama,” katanya kepada Sisi Dunia di Denpasar Sabtu (9/1/2016).

Menurut Putu, bahan pembuatannya memang berasal dari alam. Di antaranya, beraneka macam bunga dan tumbuhan. Namun, di sisi lain, bahan kimia pasti dipakai untuk mengembangkan aroma yang diinginkan.

Dia menjelaskan, bahan kimia yang digunakan sebagai campuran itu dikhawatirkan tidak diuji laboratorium dan diberi label BBPOM. ”Kandungan campuran kimia tersebut dapat berdampak terhadap kesehatan,” ujarnya.

Karena itu, Putu meminta pemerintah segera mengecek dan mengawasi toko pedagang parfum. Tujuannya, memberikan keamanan kepada masyarakat sehingga mereka mengetahui secara jelas. ”Minyak pewangi itu layak digunakan atau tidak, mengandung zat bahaya untuk kesehatan atau tidak,’’ tambahnya. (Freddy Julio – sisidunia.com)