Home » News » Ditinggal Koalisinya, KMP Kini Hanya Dihuni Gerindra

Ditinggal Koalisinya, KMP Kini Hanya Dihuni Gerindra



Jakarta – Kini tinggal Partai Gerinda sendiri yang berada di Koalisi Merah Putih (KMP). Sebelumnya, koalisi tersebut berisi Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Ditinggal Koalisinya, KMP Kini Hanya Dihuni Gerindra

Ketua Partai Gerinda Desmond J. Mahesa membenarkan bahwa kini Gerinda sendirian di KMP. Hal itu dibuktikan saat pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016 di badan anggaran. Dalam APBD itu, semua fraksi berharap dapat menyertakan penyertaan modal negara (PMN) ke BUMN. Namun, tidak demikian dengan Gerinda.

”Sembilan Fraksi setuju dimasukkan. Seharusnya, BUMN memberikan keuntungan ini, malah bakal diberi modal. Akhirnya, pemerintah menolak PMN dimasukkan dalam APBN,” kata Desmond kepada Sisi Dunia di Jakarta pada Kamis (7/1/2016).

Menurut dia, KMP yang dibentuk setelah Pemilu 2014 hanya bertujuan untuk lucu-lucuan. Terutama kepada para pendukung Prabowo Subianto saat pilpres lalu. ”Tinggal tunggu waktu saja,” katanya.

Selain itu, KMP bubar karena pemerintahan saat ini (Jokowi) memenuhi kebutuhan partai di luar koalisi. Desmond menjelaskan, KMP dibuat karena Jokowi tidak memberikan akomodasi pendukung Prabowo.

”Sekarang diakomodasi. Yang Pragmatis bakal ke sana. Tidak masalah. Kami dukung yang bagus. Kalau tidak pro rakyat, kami lawan,” katanya. (Freddy Julio – sisidunia.com)