sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Inilah 3 Efek Antibiotik Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah 3 Efek Antibiotik Yang Perlu Anda Ketahui



Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine pada tahun 2013 memperlihatkan bahwa dokter sering meresepkan antibiotik pada 60% kunjungan pasien dengan sakit tenggorokan. Seharusnya tingkatan tersebut hanya sekitar 10%.

Inilah 3 Efek Antibiotik Yang Perlu Anda Ketahui

Seperti diketahui bahwasnya antibiotik memang sangat membantu tubuh dalam membunuh bakteri jahat, menghentikan bakteri tersebut untuk membelah diri dan memungkinkan tubuh kita untuk melawan balik. Namun perlu diketahui juga bahwa antibiotik juga membunuh bakteri baik, mereka juga bisa menimbulkan beberapa kerusakan yang signifikan bagi tubuh kita.

Sebelum anda mengkonsumsi antibiotik ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu pada dokter apakah anda membutuhkan antibiotik tersebut. Untuk sekedar pengetahuan berikut adalah 3 efek antibiotik yang dapat membuat tubuh sakit.

1. Antibiotik mengacaukan kerja usus, karena antibiotik akan mengumpukan semua jenis bakteri maka terkadang antibiotik dapat membuat makanan bergerak ke usus lebih cepat. Dalam hal ini antibiotik mengacaukan keseluruhan perintah-perintah dalam usus Anda.

2. Antibiotik Membuat berat badan naik, dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity menemukan, bahwa penggunaan antibiotik pada usia anak tidak hanya memengaruhi kenaikan berat badan pada anak, tetapi juga akan berpengaruh pada tahun-tahun mendatang.

3. Antibiotik Mengganggu otak, sebuah studi baru yang diterbitkan di Journal of Clinical Psychology, satu kali terapi antibiotik dapat dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena depresi dan kecemasan. Kemungkinan dikarenakan ada hubungan antara otak dan usus. (Asnan Muhammad – Sisidunia.com)