Home » Techno » Seperti Inilah Kondisi Otak yang Kecanduan Game Online

Seperti Inilah Kondisi Otak yang Kecanduan Game Online



Jakarta – Internet gaming atau online game saat ini menjadi semacam candu bagi beberapa orang tanpa melihat usia. Mulai remaja hingga orang dewasa terlihat sangat menggandrungi game yang membutuhkan konektivitas internet ini.

Seperti Inilah Kondisi Otak yang Kecanduan Game Online

Beberapa sudah dalam taham kecanduan. Apabila dilihat kondisi otaknya, Anda dapat menemukan jika otak mereka akan berbeda dengan mereka yang tidak keranjingan bermain game online.

Seperti dilansir dari Popular Science (Jumat, 1/1/2016), Remaja yang kecanduan game tampaknya memiliki hubungan yang lebih kuat antara beberapa bagian otak yang berbeda. Dan sementara itu tidak selalu hal yang buruk untuk fungsi otak, itu juga dapat menyebabkan kemungkinan yang lebih besar dari gangguan kejiwaan secara bersamaan.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengambil tindakan pemindaian fMRI terhadap otak 78 remaja laki-laki yang didiagnosis mengidap gangguan internet gaming, dan 73 subjek lainnya tanpa kondisi apa pun. Kemudian mereka membandingkan hubungan antara 25 area yang berbeda dari otak di subjek yang kecanduan dibandingkan dengan kontrolnya.

Alhasil, remaja dengan kecanduan internet gaming memiliki koneksi yang lebih kuat antara beberapa area berbeda dari otaknya. Beberapa di antaranya dapat meningkatkan kinerja kognitif.

Seperti misal, hubungan yang lebih kuat antara dorsal anterior cingulate cortex dan insulae bilateral memungkinkan subyek untuk bereaksi lebih cepat terhadap peristiwa penting, seperti serangan dalam video game, misalnya.

“Hyperconnectivity (keterhubungan lebih) antara jaringan otak ini dapat menyebabkan kemampuan lebih kuat untuk mengarahkan perhatian ke arah target dan untuk mengenali informasi baru di lingkungan. Perubahan tersebut pada dasarnya bisa membantu seseorang untuk berpikir lebih efisien,” terang penulis studi ini, Jeffrey Anderson. (Yayan – sisidunia.com)