sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Masjid Unik Di Jawa Barat Ini Ternyata Hasil Karya Ridwan Kamil

Masjid Unik Di Jawa Barat Ini Ternyata Hasil Karya Ridwan Kamil



Bandung – Mungkin yang saat ini kita tahu, seorang Ridwan Kamil adalah seorang Wali Kota Bandung. Namun jauh sebelum Ridwan Kamil dikukuhkan menjadi seorang Wali Kota Bandung, ia adalah seorang arsitektur yang handal.

Masjid Unik Di Jawa Barat Ini Ternyata Hasil Karya Ridwan Kamil

Salah satu rancangannya yang terkenal adalah Masjid Al-Irsyad yang berlokasi di dalam komplek Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Tak tanggung-tanggung, masjid tersebut pernah meraih predikat sebagai salah satu rumah ibadah terindah oleh National Frame Building Association.

Masjid unik dengan berbentuk kubus serta berdinding kaligrafi ayat suci Al QUran tersebut, masuk dalam liga besar kategori “Building of The Year” pada tahun 2010 silam.

Melihat prestasinya tersebut, saat ini ia ditawari oleh pihak Polda Jawa Barat untuk mendesain sebuah masjid. Nantinya, masjid tersebut akan menjadi Masjid Kepolisian Daerah Jawa Barat.

Masjid Unik Di Jawa Barat Ini Ternyata Hasil Karya Ridwan Kamil

(sumber foto: detik.com)

Namun, dari bermacam-macam masjid yang pernah Ridwan desain, masjid Polda Jawa Barat ini disebut Ridwan sebagai masjid paling unik yang pernah dirancangnya. Jika dilihat dari jauh, tutup kubah masjid seluas 3.000 meter persegi ini tidak seperti kubah masjid kebanyakan, akan tetapi terlihat seperti topi.

“Dalam Al Quran, masjid tidak harus berkubah. Al Quran tidak menyebutkan bentuk masjid, maka kubah tidak identik dengan Islam,” ujar Ridwan Kamil saat ditemui, Kamis (31/12/2015).
(Arman – sisidunia.com)