sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Tarif Listrik Golongan Ini Kemungkinan akan Turun Tahun Depan

Tarif Listrik Golongan Ini Kemungkinan akan Turun Tahun Depan



Jakarta – Pemerintah telah memulai proses penyesuaian tarif listrik di bulan Desember 2015 ini. Tarif listrik untuk dua golongan rumah tanga, yakni 1.300 VA dan 2.200 VA, dinaikkan hingga 11%. Kementerian ESDM lalu menegaskan bahwa penyesuaian tarif listrik ini tidak akan mengakibatkan harga naik.
Tarif Listrik Golongan Ini Kemungkinan akan Turun Tahun Depan
Lebih jauh, Kasubdit Tarif Ketenagalistrikan, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jisman, mengatakan bahwa tarif di dua golongan tersebut masih memiliki kemungkinan untuk turun Rp 100 per kWh di Januari 2016 mendatang. Bila saat ini tarif listrik untuk dua golongan tersebut berda di posisi Rp 1.509 per kWh, maka di awal tahun depan berpotensi turun menjadi menjadi Rp 1.409 per kWh.

Penurunan tarif listrik tersebut merupakan imbas dari penguatan rupiah, yang memang diprediksi akan terjadi di awal tahun depan.

“Tarif adjustment tidak selalu naik. Harap diingat itu. Hitungannya Desember 2015 ini memang ada kenaikan 11% namun akan kembali turun. Tapi di Januari nanti akan turun dari Rp 1.509 per kWh menjadi Rp 1.409 per kWh,” ujar Jisman di Jakarta, sebagaimana disarikan dari Detik (Selasa, 29/12/2015).

Adapun penyesuaian tarif listrik dilakukan dengan pertimbangan 3 faktor, yakni harga minyak dunia, inflasi dan kurs dolar AS. (Deni Suroyo – sisidunia.com)