sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Gaya Hidup » Awas, Ada Ancaman Hukuman Pidana Bagi Pasangan Yang Selingkuh

Awas, Ada Ancaman Hukuman Pidana Bagi Pasangan Yang Selingkuh



Jakarta – Perselingkuhan dapat menjadi salah satu faktor pemicu retaknya hubungan rumah tangga. Selain diharamkan agama, jika perselingkuhan yang dilakukan suami/istri telah mengarah ke perbuatan zina, maka pasangan resmi yang menjadi korban perselingkuhan bisa melaporkan suami/istrinya tersebut ke aparat berwajib dengan dasar pasal 284 KUHP.

Awas, Ada Ancaman Hukuman Pidana Bagi Pasangan Yang Selingkuh

(Foto: Ilustrasi Pasangan Selingkuh)

Seperti dilansir dari Hukum Online, Selasa (27/12/2015), dalam KUHP memang tidak dijelaskan secara khusus istilah perselingkuhan. Namun dalam terdapat istilah mukah (overspel) yang bisa digunakan pada Pasal 284 ayat (1) angka 1 huruf a KUHP. Dimana pelakunya diancam pidana penjara paling lama sembilan bulan.

Perihal perselingkuhan ini dijelaskan R. Soesilo dalam bukunya Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Serta Komentar-Komentarnya Lengkap Pasal Demi Pasal menjelaskan lebih lanjut mengenai gendak/overspel atau yang disebut Soesilo sebagai zinah.

Zinah sendiri merupakan persetubuhan yang dilakukan oleh laki-laki atau perempuan yang belum terikat pernikahan atau persetubuhan oleh laki-laki atau perempuan kawin dengan perempuan atau laki-laki yang bukan isteri atau suaminya. Untuk dapat melaporkan ke polisi dengan menggunakan pasal ini, maka persetubuhan itu harus dilakukan atas dasar suka sama suka, tidak boleh ada paksaan dari salah satu pihak.

R. Soesilo menambahkan bahwa pengaduan ini tidak boleh dibelah, maksudnya, apabila Anda mengadukan bahwa suami Anda telah berzinah dengan perempuan lain, maka suami Anda dan perempuan tersebut harus dituntut dua-duanya. Terkadang Anda merasa ragu untuk melayangkan laporan ke polisi, karena tidak ingin suami Anda terlibat proses hukum dan hanya ingin menghukum pasangan selingkuhnya.

Sudah cukup jelas? Pokoknya sebelum Anda selingkuh, pikir ulang dulu dua atau tiga kali, karena bisa jadi Anda akan dilaporkan oleh pasangan resmi Anda. (Rindi Ayunda – sisidunia.com)