Home » Gaya Hidup » Anda Harus Menjauhi Handphone di Atas Jam 11 Malam, Mengapa ?

Anda Harus Menjauhi Handphone di Atas Jam 11 Malam, Mengapa ?



Jakarta – Banyak dari kita yang sudah memiliki ketergantungan dengan smartphone. Di sepanjang aktivitas atau bahkan masa-masa santai, gadget selalu berada di dekat kita. Bahkan, sering kali kita tertidur dengan posisi handphone yang sedang dalam genggaman tangan, atau mungkin berada di samping bantal.
Anda Harus Menjauhi Handphone di Atas Jam 11 Malam, Mengapa ?
Sebuah studi mengatakan bahwa kebiasaan untuk meletakkan handphone, smartphone, tablet, atau sejenisnya di samping kita ketika sedang tidur sangat tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, radiasi yang dipancarkan oleh perangkat tersebut bisa mengganggu kualitas tidur, yang tentunya berefek negatif ketika kita terbangun nanti.

Seperti dilansir dari meetdoctor.com (Selasa, 29/12/2015), untuk menghindari efek negatif dari radiasi handphone tadi, maka anda harus mulai membiasakan diri untuk menjauhi gadget kesayangan anda itu di ats jam 11 malam (23.00). Mengapa demikian?

Penelitian yang dilakukan oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyebutkan bahwa radiasi telepon genggam sanggup mempengaruhi sistem stres di dalam otak. Tidak hanya menghantarkan radiasi yang langsung diterima oleh sistem pengaturan stres, handphone juga dapat meningkatkan kadar stres kita yang disebabkan oleh frekuensi pengecekan handphone yang berulang kali.

Meski terdengar sepele dan dilakukan secara tak sadar, kita sering memeriksa handphone kita untuk mengecek apakah ada chat yang masuk, tweet terbaru, email, sms, dan sejenisnya. Kebiasaan ini, apalagi bila terbawa sampai jam tidur, akan membuat tubuh terus terjaga, waspada, dan sulit untuk benar-benar rileks.

Hal tersebut pun bisa berujung pada tidur yang tidak nyenyak, lalu bangun dengan tidak segar, pusing, dan kemudian memunculkan perubahan mood yang drastis. (Deni Suroyo – sisidunia.com)